Tak Hanya Yogya, Sleman Juga Dilanda Hujan Es Hari Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 15:26 WIB
Hujan es di Sleman, Rabu (3/3/2021).
Hujan es di Sleman, Rabu (3/3/2021). (Foto: dok BPBD Sleman)
Sleman -

Hujan es tidak hanya melanda Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Beberapa wilayah di Kabupaten Sleman juga mengalami hujan es.

"Hujan es terjadi di wilayah Kapanewon Turi, meliputi Kalurahan Donokerto dan Girikerto. Juga ada laporan hujan es di daerah Jalan Kaliurang KM 4,5," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (3/3/2021).

Ia menjelaskan hujan es diikuti dengan hujan lebat disertai angin. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian hujan es.

"Kalau dampak hujan angin itu di beberapa daerah ada kejadian pohon tumbang. Seperti pohon kokosan berdiameter 50 sentimeter tumbang melintang di jalan Padusunan Pancoh, Girikerto, Turi," ungkap Makwan.

Sebelumnya, dalam kurun waktu dua hari berturut-turut, hujan es terjadi di DIY. Kemudian pada Selasa (2/3) hujan es terjadi di Sleman.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas memberi penjelasan terkait hujan es yang terjadi di beberapa wilayah Kota Yogyakarta dan Sleman belakangan ini.

"Betul, terpantau telah terjadi hujan es di Kapanewon Turi, Sleman dan Kota Yogyakarta," kata Reni kepada wartawan, hari ini.

Reni menjelaskan hujan es tidak ada kaitannya dengan badai tropis yang terjadi di selatan Pulau Jawa. Menurutnya, fenomena hujan es merupakan sesuatu yang wajar.

"Tidak ada hubungannya dengan badai tropis di selatan Pulau Jawa. Hujan es adalah fenomena alam biasa yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat," jelasnya.

(sip/ams)