Vaksinasi Selanjutnya untuk Guru, Solo Targetkan Sekolah Tatap Muka Juli

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 16:55 WIB
Walkot Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (1/3/2021).
Walkot Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (1/3/2021). (Foto: istimewa/dok tim Wali Kota Solo)
Solo - Pemkot Solo segera menjadwalkan vaksinasi Corona atau COVID-19 untuk para guru. Dengan tuntasnya vaksinasi untuk para guru, diharapkan sekolah tatap muka dapat dimulai pada bulan Juli 2021.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan vaksinasi untuk guru menjadi prioritas setelah tenaga kesehatan, pelayan publik dan pedagang. Selain guru, tokoh masyarakat dan tokoh agama akan disuntik vaksin.

"Tahap selanjutnya guru, tokoh-tokoh masyarakat dan pemuka agama. Sejalan dengan instruksi Pak Nadiem (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) untuk mengejar target sekolah tatap muka di bulan Juli," kata Gibran saat dijumpai di RSUD Bung Karno, Solo, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, Solo sebetulnya sudah siap melakukan tatap muka. Namun pemkot masih tetap mengantisipasi agar tidak terjadi penambahan kasus COVID-19.

"Kalau Solo itu kan sebetulnya sudah siap tatap muka, akhir tahun lalu sudah simulasi, tidak ada kendala. Makanya gurunya ini kita vaksin dulu, kalau muridnya menyusul," kata dia.

Saat ini Gibran tengah fokus melakukan vaksinasi untuk pedagang dan lansia. Hari ini Gibran berkeliling meninjau vaksinasi di Pasar Depok, Pasar Harjodaksino dan sejumlah rumah sakit untuk vaksinasi lansia.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Dan bisa kita simpulkan vaksin ini benar-benar aman. Kemudian harapannya dengan vaksinasi ini bisa mempercepat ekonomi," ujar Gibran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan saat ini masih menunggu kedatangan vaksin untuk tahap selanjutnya.

"Ini sebetulnya baru separuh yang kita distribusikan, karena separuhnya kan untuk dosis kedua. Kalau sudah ada kepastian vaksin mau datang lagi, yang ini bisa kita distribusikan dulu," tutupnya. (sip/rih)