Artidjo Alkostar Dikebumikan di Pemakaman UII Yogyakarta

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 12:18 WIB
Sleman -

Anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar telah berpulang. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman UII Yogyakarta, yang berada satu kompleks dengan kampus terpadu UII, Jalan Kaliurang KM 14,5 Ngemplak, Sleman, DIY.

Jenazah Artidjo disemayamkan di Masjid Ulil Albab UII sebelum dikebumikan. Sekitar pukul 10.21 WIB jenazah diberangkatkan menuju tempat peristirahatan terakhir. Nampak Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, Rektor UII Yogyakarta dan para kolega mengantarkan almarhum Artidjo ke peristirahatan terakhir.

Perwakilan keluarga, Ari Yusuf Amir, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh pihak dalam prosesi persemayaman dan pemakaman mendiang Artidjo Alkostar.

"Bang Artidjo tak banyak meninggalkan harta, tapi semangat hidupnya ada yang banyak bisa kami petik. Beliau selalu memberi contoh makna kejujuran. Kami selalu ditekankan oleh beliau akan pentingnya kejujuran," kata dia.

"Beliau juga tidak perlu takut dan ajarkan keberanian. Berani mengatakan kebenaran. Keberanian itu kemuliaan yang hadir dalam hidup kita," tambahnya.

Atas kepergian Artidjo, pihak keluarga mengaku ikhlas. "Kami bangga dengan abang, kami sayang dengan abang. Tapi Allah lebih sayang sama abang. Kami ikhlas Bang," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UII Yogyakarta Fathul Wahid turut menyampaikan sebagai seorang pengajar, Artidjo Alkostar selalu menjaga komitmennya. "Kami keluarga besar UII berduka sangat mendalam, karena pak ar teladan bg kami untuk banyak hal, keberanian, konsistensi, integritas dan kesederhanaan," kata Fathul.

Fathul pun ingat betul apa yang pernah disampaikan oleh Artidjo Alkostar. "Ini adalah kata-kata Pak Ar. Bagi Pak Ar mengajar di UII adalah hutang sejarah terhadap UII yang harus dibalas lunas. Itu (menunjukkan) bahwa Pak Ar menjaga komitmennya," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2