Begini Penampakan Utuh Jenglot Ditemukan di Makam Keramat Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 20:27 WIB
Pemampakan jenglot yang ditemukan di makam Ki Buyut Akasah
Jenglot yang ditemukan di Kudus. (Foto: dok. juru kunci makam Ki Buyut Akasah Kudus)
Kudus - Sebuah jenglot ditemukan di makam punden Desa Burikan Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah. Jenglot yang ditemukan memiliki panjang sampai 20 sentimeter dan berjenis kelamin laki-laki.

"Ukurannya 15 sampai 20 sentimeter. Bentuknya seperti rambutnya panjang sampai dengkul. Ada siung panjang ke bawah dua. Tidak ada pakaian, jenis kelamin laki-laki, warnanya coklat," ungkap Juru kunci punden Mbah Buyut Akasah, Mamik Junaidi saat dihubungi detikcom, Minggu (28/2/2021).

Seperti foto dilihat detikcom, jenglot itu memiliki rambut berwarna hitam dan tubuh berwarna coklat. Terlihat juga hidung dan dua taring panjang.

Tampak juga tangan jenglot memiliki tangan dan berkuku panjang. Sedangkan kakinya tidak berkuku panjang. Tampak jenglot tersebut masih terdapat bekas tanah.

Mbah Mamik mengatakan Mbah Mamik begitu sapaan akrabnya, mengatakan awal mula penemuan jenglot saat sedang bersih-bersih. Dia bersama tukang pembersih sedang membersihkan kawasan makam Mbah Buyut Akasah.

"Pertama kali ini, pada waktu kerja bakti sama tukang pembersih. Itu bersih-bersih. Saya di membersihkan di pompa. Lha itu ada kejadian aneh, ada gelas jatuh, saya kaget. Terus saya salat Zuhur. Setelah pulang masjid, tukang pembersih bilang menemukan jenglot," ujarnya.

penemuan jenglot di makam buyut Akasah Kudus, 28/2/2021Penemuan jenglot di makam buyut Akasah Kudus, 28/2/2021 (Foto: istimewa/juru kunci makam Ki Buyut Akasah, Kudus)

Menurutnya jenglot yang ditemukan kini sudah diserahkan kepada pihak Yayasan Menara Kudus untuk disimpan. Sebelumnya jenglot itu sempat disimpan di makam punden Mbah Buyut Akasah.

"Dibungkus kain putih, terus kemarin sempat disimpan. Ditaruh dalam makam. Terus ini hari sudah disimpan pihak Yayasan Sunan Kudus. Masalahnya kalau kita simpan nanti masyarakat pada takut atau ramai," lanjutnya.

Saksikan juga 'Heboh Penangkapan Jenglot di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)