Jalur Pantura Semarang Banjir, Arus Lalin Dialihkan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 16:47 WIB
Banjir di bawah jembatan tol Kaligawe yang merupakan perbatasan dengan Jalan Kaligawe dan Jalan Pantura, Semarang, Kamis (25/2/2021).
Banjir di bawah jembatan tol Kaligawe yang merupakan perbatasan dengan Jalan Kaligawe dan Jalan Pantura, Semarang, Kamis (25/2/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Jalur Pantura di wilayah Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah terendam banjir sore ini. Kendaraan kecil dari Demak ke arah Semarang dialihkan lewat Bangetayu.

Dari pantauan detikcom Kamis (25/2) pukul 15.45 WIB di bawah jembatan Tol Kaligawe yang merupakan perbatasan dengan Jalan Kaligawe dan Jalan Pantura, terlihat genangan masih cukup dalam dan bervariasi. Paling dalam yaitu sekitar pinggang orang dewasa. Terlihat petugas pompa berupaya memompa banjir dan juga ditambah pompa mobile.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit mengatakan kondisi jalur Pantura di lokasi banjir ini tidak direkomendasikan untuk kendaraan kecil sehingga dialihkan.

"Dari Demak menuju Semarang sementara tersendat. Rekayasa lantas dari yang Demak tekuk ke Bangetayu. Yang sudah terlanjur di terowongan Kaligawe kita tekuk ke Tol Muktiharjo," kata Sigit di Kaligawe, Semarang, Kamis (25/2/2021).

Untuk kendaraan roda dua yang sudah terlanjur sampai di terowongan Tol Kaligawe dan akan menyeberang ke Pantura, diarahkan naik ke tol, namun hanya untuk menyeberang tidak untuk perjalanan jauh.

"Hanya menyeberang saja ya ini," tandasnya.

Salah satu titik banjir di Kota Semarang, Kamis (25/2/2021).Salah satu titik banjir di Kota Semarang, Kamis (25/2/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Sementara itu dari pantauan detikcom, beberapa titik selain di Genuk yang masih terendam air antara lain ada di kawasan rumah susun Kaligawe dan beberapa perkampungan di daerah Sawah Besar. Kemudian ada di Jalan Pengapon, Jalan Raden Patah, Bundaran Bubakan, Jalan Kaligawe.

Untuk diketahui, banjir melanda Semarang sejak hari Selasa (23/3) sore setelah hujan lebat. Beberapa ruas jalan yang banjir langsung surut di hari yang sama, namun beberapa lokasi masih terendam hingga sore ini.

(rih/sip)