Bupati Banjarnegara Sindir Jalan Rusak: Pak Gub Silakan Buat Proposal ke Saya

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 16:05 WIB
Bupati Banjarnegara mengarahkan perbaikan jalan jalur Banjarnegara-Dieng
Bupati Banjarnegara saat mengarahkan perbaikan jalan jalur Banjarnegara-Dieng akhir tahun lalu. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Sejumlah jalan provinsi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), rusak di beberapa titik. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pun menyindir agar Gubernur Jateng membuat proposal perbaikan jalan rusak kepadanya.

"Kalau memang Pak Gubernur keuangannya nggak ada, untuk disampaikan kepada Pak Gubernur agar membuat proposal kepada Bupati Banjarnegara untuk meminta bantuan. Nanti kita selesaikan," canda Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kepada wartawan saat jumpa pers di Pringgitan, Banjarnegara, Kamis (25/2/2021).

Budhi mengaku sudah berulang kali melaporkan kondisi jalan provinsi yang rusak di Banjarnegara. Namun, hingga saat ini belum ada perbaikan di titik jalan provinsi yang rusak itu.

"Saya sudah bolak-balik, saya menyampaikan (kondisi) jalan-jalan provinsi. Cuman sampai hari ini realisasinya tidak ada," cetusnya.

Budhi mengaku siap menanggung dana perbaikan jalan rusak itu jika provinsi memang tidak ada dana. Sehingga jalan provinsi yang rusak itu bisa segera mulus dan tertangani.

"Kalau memang tidak mampu saran saya, semua jalan provinsi dihibahkan ke kabupaten. Nanti biar kabupaten yang menangani. Insyaallah kabupaten mampu menangani itu," kata Budhi.

Dia lalu mencontohkan soal status Jalan DI Panjaitan, Banjarnegara, yang kini beralih menjadi jalan kabupaten. Sebelumnya jalan itu berstatus sebagai jalan nasional.

"Belum lama ini, Jalan DI Panjaitan juga kembali dihibahkan menjadi milik kabupaten. Nanti perawatan pembangunan dilakukan oleh kabupaten. Untuk anggaran, nanti kan kita usulkan ada penambahan panjang jalan kabupaten," ucapnya.

Sebelumnya, Budhi Sarwono pernah turun tangan langsung menambal jalan provinsi yang rusak di jalur wisata Banjarnegara-Dieng pada Minggu (6/12/2020). Kala itu Budhi menggunakan duit pribadi untuk menambal jalan berlubang di jalur wisata itu.

"Kondisi jalan aspalnya sudah memprihatinkan dan berlubang. Diameternya ada yang 2x2 meter ada yang 3x1 meter. Ini membahayakan masyarakat karena pernah terjadi kecelakaan lalu-lintas hingga patah kaki dan tangan," ujar Budhi saat melakukan perbaikan jalan di Kecamatan Banjarmangu, Minggu (6/12/2020).

Kala itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku sudah ada tim Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng di Banjarnegara yang melakukan perbaikan jalan. Ganjar pun memperlihatkan foto timanya bersama Budhi di Banjarnegara.

"Sebenarnya kita punya aplikasi Jalan Cantik. Foto saja dikirim, sudah biasa kerja begitu. Tapi terima kasih Pak Bupati sudah peduli. Waktu saya baca (berita tambal jalan pakai dana pribadi) agak kaget. Pak Bupati ini kontraktor dan tahu persis dia awarennes terhadap infrastruktur bagus. Aku malah seneng," ujar Ganjar usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Kota Semarang, Senin (7/12/2020).

Tonton juga Video: Injak Jalan Berlubang di Cikarang Bekasi, Truk 'Obesitas' Terguling

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)