Pertama di Jateng, Pelayanan SKCK Door to Door di Magelang

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 14:52 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi meresmikan pelaksanaan ‘Cashless dan SKCK Door To Door’ di Polres Magelang, Kamis(25/2/2021).
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi meresmikan pelaksanaan 'Cashless dan SKCK Door To Door' di Polres Magelang, Kamis(25/2/2021). Foto: Eko Susanto/detikcom
Kabupaten Magelang - Polres Magelang meluncurkan layanan Cashless dan SKCK Door to Door' yang merupakan pertama kali di jajaran Polda Jawa Tengah. Nantinya polisi akan menjemput bola ke masyarakat yang membutuhkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Di Magelang (pertama). Ini Dirlantas, Dirintel kita perintahkan seluruh jajaran Polda Jawa Tengah akan kita lakukan yang sama," kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat meluncurkan layanan tersebut di Mapolres Magelang, Kamis (25/2/2021).

Menurut Luthfi, layanan SKCK door to door merupakan salah satu program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan teknologi informasi. Selain itu, nantinya masyarakat terdidik karena tidak ada celah personel melakukan pelanggaran.

"Sebenarnya ini sebagai program yang keenam prioritas Bapak Kapolri, bahwa untuk Polri memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat dan cepat dengan menggunakan teknologi informasi. Di antaranya adalah pelayanan perpanjangan pajak, SIM, kemudian SKCK dan lain sebagainya di mana tidak menggunakan transaksi cash, tapi menggunakan barcode," ujarnya.

"Dengan informasi yang dipunyai aplikasi, kita diharapkan tidak terjadi interaksi antara masyarakat dengan anggota kita. Satu sisi masyarakat akan terdidik tidak menjadi celah bagi anggota kita untuk melakukan pelanggaran," tutur Luthfi.

Kemudian dengan kondisi saat ini pandemi COVID-19, lanjutnya, tidak terjadi kerumunan terkait dengan pelayanan di sentra-sentra pelayanan kepolisian.

"Di sisi lain dengan COVID-19 ini, tidak terjadi terjadi kerumunan terkait dengan pelayanan di sentra-sentra pelayanan kepolisian. Kemudian untuk SKCK door to door ini akan sangat efektif bahwa anggota Polri akan menjemput bola kepada masyarakat mana yang membutuhkan SKCK, datang ke rumah masyarakat dan memberikan pelayanan masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang AKBP Ronald Ardiyanto Purba, mengatakan program tersebut untuk mempermudah masyarakat agar tidak melakukan transaksi secara tunai. Sehingga meminimalisir praktik pungli yang mungkin saja terjadi dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

Tonton juga Video: Polisi di Makassar Buka Layanan SKCK dari Warkop ke Warkop

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)