Sempat Ditunda, 3 Pemenang Pilkada di DIY Dilantik 26 Februari

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 14:34 WIB
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Senin (4/1/2021).
Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) memastikan pelantikan 3 kepala daerah di Kabupaten Sleman, Gunungkidul dan Bantul terpilih di Pilkada 2020 akan dilakukan 26 Februari. Pelantikan akan berlangsung secara offline namun terbatas.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, bahwa dia telah melakukan video conference dengan Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) RI. Dalam video conference itu membahas pelaksanaan pelantikan pemenang pilkada.

"Dari Jakarta (Kemendagri) bahwa pelantikan (Bupati dan Wakil Bupati) akan dilaksanakan tanggal 26 (Februari), barusan ini tadi (pemberitahuannya)," katanya saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Rabu (24/2/2021).

Kepastian pelantikan karena di DIY tidak ada peserta Pilkada serentak 2020 yang mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menyoal teknis pelaksanaan pelantikan sendiri, Aji mengaku masih melakukan pembahasan dengan pihak terkait.

"Ya ini tadi setelah vidcon (video conference) dengan Kemendagri, teman-teman baru rapat mekanisme seperti apa. Karena mau tidak mau kita harus online yang hadir atau yang online apakah bupatinya," ucapnya.

Pasalnya, merujuk aturan Kemendagri RI, dalam suatu pertemuan secara langsung tidak boleh melibatkan lebih dari 25 orang. Semua itu untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Tapi kalau bisa calonnya (Bupati dan Wakil Bupati) ada di sini (Kantor Gubernur DIY) dan yang hadir (tamu undangan) melalui online," ujarnya.

Sebelumnya, KPU di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Sleman telah menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati terpilih Pilkada 2020. Hasilnya tidak ada Bupati petahana yang kembali menjabat.

Masing-masing paslon terpilih yakni di Sleman pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa yang memperoleh 217.921 suara. Selanjutnya di Pilkada Gunungkidul yakni Sunaryanta-Heri Susanto dengan meraih 155.878 suara. Terakhir, paslon terpilih di Pilkada Bantul yakni Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo dengan jumlah suara 306.563 suara.

(mbr/sip)