Kudus 3 Pekan Kebanjiran, Ganjar: Bentuknya Kayak Mangkok

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 19:21 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pati, Selasa (23/2/2021).
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Pati, Selasa (23/2/2021). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati -

Banjir melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama tiga pekan terakhir. Terkait hal itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebut wilayah Kudus seperti mangkok.

"Kalau Kudus itu memang bentuknya kayak mangkok, maka satu-satunya harus ada engineering," kata Ganjar kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi gelombang kedua di Kabupaten Pati, Selasa (23/2/2021).

Ganjar menilai jika masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir berkenan untuk pindah, akan cukup menjadi solusi. Namun, menurutnya hal itu bukan solusi yang tepat.

Ia pun menyarankan agar ada sumur resapan yang ada di wilayah-wilayah rawan banjir di Kudus. Selain itu, area tangkapan air juga perlu disiapkan.

"Kalau masyarakatnya nggak mau pindah, tetap di situ, maka dia punya potensi. Kalau dia punya potensi banjir maka mesti disiapkan mulai dari sumur resapan terus kemudian area tangkapan airnya," jelas Ganjar.

"Terus kemudian kalau perlu dibuat reservoir-reservoir agar dapat dilakukan pemompaan. Kemarin pak Bupati Kudus sudah ngobrol dengan saya, akan dilakukan," lanjutnya.

Selain Kudus, Ganjar menyebut, sejumlah wilayah yang memiliki kondisi serupa yakni Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

"Kita minta bantuan dari teman-teman bupati, wali kota agar memperketat tata ruang, terutama daerah-daerah yang punya potensi tenggelam. Demak sama Semarang itu di Sayung, Pekalongan itu ada kabupaten dan kota. Ini dua yang menurut saya yang penting," kata Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BPBD Kudus, Budi Waluyo, menyampaikan 20 desa di tiga kecamatan di Kudus terendam banjir hingga kemarin. Banjir di Kudus sudah terjadi selama tiga pekan sejak awal Februari lalu.

Simak video 'Wujud Air Sumur Warga yang Menghitam-Bau Usai Banjir di Kudus Surut':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)