Banjir di Kompleks Kantor Gubernur Jateng dan Simpang Lima Mulai Surut

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 19:16 WIB
Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang sempat kebanjiran gegara hujan lebat, Selasa (23/2/2021)
Petugas membersihkan kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang yang sempat kebanjiran saat hujan lebat, Selasa (23/2/2021) Foto: Angling/detikcom
Semarang -

Banjir yang merendam kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah saat ini berangsur surut. Genangan yang ada di kawasan Simpang Lima dan Jalan Pahlawan Semarang juga mulai surut.

Pantauan di lokasi, pukul 18.30 WIB, air yang tadinya menggenang setinggi semata kaki di halaman belakang gedung B kawasan kantor Gubernur Jawa Tengah sudah surut. Sisa air di dalam gedung juga mulai dibersihkan.

"Sudah 36 tahun saya bekerja di sini, baru kali ini air masuk seperti ini," kata salah satu ASN bernama Slamet ditemui di lokasi, Semarang, Selasa (23/2/2021).

Tak hanya itu, Jalan Pahlawan dari kawasan air mancur hingga Simpang Lima yang sempat ditutup gara-gara banjir kini sudah dibuka lagi. Air di dua titik ini sudah mulai surut sehingga jalan tersebut bisa dilewati kembali.

"Sudah bisa lewat ini, hati-hati," pesan salah satu petugas polisi saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono, mengatakan banjir di sejumlah titik sudah berangsur surut.

"Sekarang sudah mulai surut di titik-titik yang tergenang," kata Winarsono saat dihubungi lewat telepon.

Diberitakan sebelumnya, kompleks Kantor Gubernur Jateng di Kota Semarang kebanjiran akibat diguyur hujan lebat sore ini. Sejumlah motor dan mobil ikut terendam banjir.

Area parkiran belakang kantor Gubernur Jateng sempat kebanjiran setinggi betis hingga lutut. Sementara itu genangan air juga masuk di Gedung B Kantor Pemerintahan Provinsi Jateng setinggi sekitar semata kaki.

Genangan air mulai menyusut saat hujan mulai reda dan lubang aliran ke selokan diperlebar. Sementara itu, Simpang Lima dan Jalan Pahlawan, juga sempat tergenang namun cepat surut.

"Tinggi air tadi sudah sama dengan trotoar, sampai sekitar 50 cm. Biasanya ini cepat surut," kata salah seorang petugas polisi yang mengatur lalu lintas di Jalan Pahlawan.

Tonton video 'Kompleks Kantor Gubernur Jateng-Simpang Lima Kebanjiran':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)