Pedagang Pasar di Semarang Ini Siap Ajak Temannya Divaksin Corona

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 12:50 WIB
Pedagang Pasar Wonodri, Yanuri Eka Ningsih (40) usai divaksin di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.
Pedagang Pasar Wonodri, Yanuri Eka Ningsih (40) usai divaksin di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Perwakilan pedagang ikut disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) di Gedung Gradhika Bhakti Praja Pemprov Jawa Tengah (Jateng) hari ini. Salah seorang di antaranya mengaku bakal membagikan pengalamannya mengikuti vaksinasi COVID-19 ke temannya sesama pedagang.

"Saya dikasih tahu kepala pasar, vaksin di Gubernuran. Ada dua orang yang dikabari," kata perwakilan pedagang dari Pasar Wonodri, Yanuri Eka Ningsih (40) saat ditemui di lokasi, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (21/2/2021).

Eka sehari-hari berjualan makanan di Pasar Wonodri, Semarang. Dia terpilih sebagai salah satu pedagang yang pertama mendapat vaksinasi virus Corona, sedangkan teman-temannya akan divaksin besok Selasa (22/2).

"Alhamdulillah dapat giliran pertama. Jadwal pedagang pasar besok di Puskesmas Pandanaran," ujarnya.

Eka mengaku masih banyak pedagang takut divaksin COVID-19 karena banyaknya kabar yang beredar soal dampak vaksin tersebut. Namun, setelah disuntik vaksin, Eka mengaku tidak merasakan gejala apapun termasuk kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang biasa terjadi usai vaksinasi.

"Masih banyak yang takut, tapi ini saya tidak merasa apa-apa. Nanti mau cerita-cerita sambil ajak vaksin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan pedagang pasar dan lansia termasuk kelompok yang divaksin COVID-19 pada gelombang kedua. Namun, diakuinya tidak semua kategori itu bisa tertampung pada gelombang kali ini.

"Lansia dan pedagang juga, tapi tidak bisa langsung semuanya," terang Yulianto.

Yulianto lalu mencontohkan di Kota Semarang ada 137 ribu lansia. Dia menyebut tidak bisa semuanya langsung divaksin.

Kemudian dia mencontohkan untuk pedagang pasar Solo di Pasar Gedhe dan Pasar Klewer ada sekitar 8 ribu pedagang yang ditargetkan akan divaksin.

"Solo di Pasar Klewer dan Gedhe ada 8.000-an. Tapi itu nanti tanggal 27 Februari," ujarnya.

Untuk diketahui, vaksinasi gelombang kedua dimulai hari ini. Di gedung Gradhika terlihat ASN, TNI, Polri, pejabat BUMD, pedagang, wartawan hingga atlet disuntik vaksin COVID-19 hari ini.

(ams/sip)