Saat Warga Pekalongan Santuy Mancing di Tengah Banjir

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:11 WIB
Warga Kota Pekalongan santuy mancing di tengah banjir, Jumat (19/2/2021).
Banjir di Kota Pekalongan, Jumat (19/2/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

Banjir kembali menerjang Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Selain ribuan orang mengungsi, ada pula sejumlah warga yang tampak santai alias santuy mancing di tengah banjir.

"Selama banjir mau ngapain. Kerja tidak bisa, toko tutup. Bosan, akhirnya mancing saja depan rumah," ujar seorang warga Jalan Tengku Umar Kota Pekalongan, Sobali, kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Sobali tidak sendirian. Banyak warga setempat yang memanfaatkan waktu di tengah kepungan banjir dengan cara yang serupa, yakni memancing di depan rumah.

Tampak beberapa kali kail yang dilempar warga ke banjir di jalanan membuahkan hasil. Jenis ikannya beragam di antaranya lele dan nila dengan ukuran bervariatif mulai dari sebesar empat jari tangan hingga yang berukuran kecil.

"Ya ini bencana. Tapi tidak terus-menerus kita harus sedih. Makanya mancing jalan satu-satunya, termasuk hobi saya juga," tutur Sobali sambil menunggu umpan pancingnya disambar ikan.

Warga Kota Pekalongan santuy mancing di tengah banjir, Jumat (19/2/2021).Warga Kota Pekalongan santuy mancing di tengah banjir, Jumat (19/2/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Kail yang dilempar Sobali di genangan banjir jalanan depan rumahnya tak sia-sia. Beberapa kali umpannya disambar ikan nila.

"Ikannya nila. Lumayan lah bisa menemani santap siang nanti," katanya.

Sobali mengaku sudah memancing di genangan banjir selama empat hari belakangan ini. Dia bersama keluarganya memang tak ikut mengungsi karena mempertimbangkan kondisi yang masih pandemi virus Corona.

"Sejak pertama terjadi saya tidak mengungsi. Nggak enak suasana pendemi seperti saat ini. Mending di rumah, walaupun kemasukan air, yang penting kasur kita amankan untuk tidur di atas meja," cerita Sobali.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Nuryanto. Warga Kota Pekalongan itu juga mengaku sudah berhasil memancing ikan nila di tengah banjir di depan rumahnya.

"Kalau sini kebanyakan ikan nila. Tapi kalau ke utara lagi, bisa juga ikan dari tambak yang hanyut," kata dia.

Simak video 'Puncak Bogor Diguyur Hujan Sejak Dini Hari, Bendung Katulampa Siaga 3':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)