Hujan Lebat-Angin Kencang Diprediksi Melanda Sebagian DIY Hari Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 08:09 WIB
Ilustrasi angin kencang
Ilustrasi angin kencang (Foto: Dok. detikcom)
Yogyakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DI Yogyakarta akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hari ini. BMKG juga meminta masyarakat waspada akan potensi gelombang tinggi.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di Kulon Progo Utara, Sleman Utara dan Barat, Bantul, Gunungkidul Barat serta gelombang laut tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta," tulis BMKG dalam keterangan resminya, Kamis (18/2/2021).

BMKG memaparkan kondisi cuaca wilayah DIY pada pagi hari terdapat potensi hujan dengan intensitas sangat ringan hingga ringan di Kulon Progo Selatan, Bantul Selatan, Gunungkidul Selatan.

Kemudian pada siang hingga sore hari terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Kulon Progo Utara, Sleman Utara dan Barat, Bantul, Gunungkidul Barat.

Selanjutnya, pada malam hari terdapat potensi hujan sangat ringan di Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul. Sedangkan pada dini hari berawan.

Lebih lanjut, suhu udara wilayah DIY berkisar antara 23 hingga 31 derajat celsius dengan kelembaban udara mencapai 70 hingga 95 persen.

Angin dari arah barat dengan kecepatan maksimum 30 km per jam. Sementara untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta berkisar antara 2,5 hingga 4,0 meter dan termasuk dalam kategori tinggi.

Berikut prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah DIY:

Kulon Progo
Kapanewon Samigaluh, Pengasih, Kokap, Sentolo, Kalibawang, Temon, Panjatan, Wates, Lendah, Galur.

Sleman
Kapanewon Moyudan, Minggir, Seyegan, Tempel, Godean, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Turi, Pakem, Cangkringan.

Bantul
Kapanewon Srandakan, Pandak, Sanden, Dlingo, Imogiri, Jetis, Bantul, Pundong, Bambanglipuro, Pajangan, Kretek.

Gunungkidul
Kapanewon Playen, Patuk, Panggang, Purwosari, Gedangsari, Saptosari, Paliyan.

Simak juga video 'Fenomena Ekstrim 1950-2019, BMKG: Perubahan Iklim Itu Nyata!':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)