Ketinggian Air Sungai Level Merah, Jembatan Pemali Brebes Ditutup

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 16:55 WIB
Jembatan Sungai Pemali sisi utara, Brebes, ditutup sementara karena air sungai menyentuh level merah, Rabu (17/2/2021).
Jembatan Sungai Pemali sisi utara, Brebes, ditutup sementara karena ketinggian air sungai menyentuh level merah, Rabu (17/2/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Jembatan Sungai Pemali sisi utara di jalur Pantura, Brebes, Jawa Tengah, ditutup sementara. Penutupan jembatan ini menyusul ketinggian permukaan air Sungai Pemali yang menyentuh level merah atau awas.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah, mengatakan Jembatan Sungai Pemali sisi utara ditutup dengan pertimbangan permukaan air sungai telah menyentuh gelagar jembatan.

"Jembatan sisi utara ini, kami tutup sementara, dan arus lalu lintas kami alihkan. Ini karena debit air Sungai Pemali sudah di level merah dan telah menyentuh gelagar jembatan," kata Putri ditemui di sela-sela pengaturan lalu lintas di Jembatan Sungai Pemali, Rabu (17/2/2021).

Jembatan Sungai Pemali sisi utara, Brebes, ditutup sementara karena air sungai menyentuh level merah, Rabu (17/2/2021).Jembatan Sungai Pemali sisi utara, Brebes, ditutup sementara karena air sungai menyentuh level merah, Rabu (17/2/2021). Foto: Imam Suripto/detikcom

Pantauan di lokasi pukul 16.00 WIB sore ini, penutupan tersebut masih berlangsung. Penutupan Jembatan Sungai Pemali tersebut untuk mengurangi beban jembatan. Selama jembatan sisi utara ditutup, petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem contraflow.

Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Tegal atau sebaliknya, dialihkan ke Jembatan Sungai Pemali sisi selatan. Sementara untuk kendaraan berat semua dialihkan melalui tol.

"Ini yang kedua kalinya jembatan ditutup. Beberapa minggu lalu juga ditutup karena permukaan air sudah menyentuh gelagar," jelas Putri.

Jembatan sisi utara akan kembali dibuka setelah permukaan air surut dan tidak menyentuh gelagar jembatan.

(rih/sip)