5 Desa di Brebes Terendam Banjir Luapan Sungai Babakan

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 15:27 WIB
Rumah warga di lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir, Rabu (17/2/2021).
Rumah warga di lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir, Rabu (17/2/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Rumah warga di lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir. Banjir disebut berasal dari luapan Sungai Babakan.

"Ada lima desa di Kecamatan Ketanggungan yang terendam banjir akibat luapan Sungai Babakan. Kemarin Selasa sore hujan deras di wilayah selatan," kata Bupati Brebes, Idza Priyanti, saat meninjau lokasi banjir di Desa Ketanggungan, Rabu (17/2/2021).

Lima desa yang kebanjiran akibat luapan Sungai Babakan yakni Padakaton, Dukuhturi, Ketanggungan, Dukuhtengah dan Karangmalang. Limpasan sungai juga menyebabkan jalur Pejagan Ketanggungan terendam banjir dan mengganggu arus lalu lintas.

Salah satu desa yang terdampak banjir cukup parah adalah Dukuhturi. Kades Dukuhturk, Johan Wahyudi, mengatakan di wilayahnya ada 37 RT yang terendam banjir. Lokasi rumah warga yang terdampak tersebar di seluruh desa.

"Di wilayah saya masuk yang terparah. Semuanya 37 RT dalam 5 RW. Rumah warga banyak yang terendam sampai ketinggian 50 cm," kata Johan Wahyudi.

Johan menyebutkan, wilayahnya sangat rentan terendam banjir lantaran sistem drainase yang tidak berfungsi. Sehingga jika mendapat kiriman banjir maka akan lama surutnya.

"Saluran drainase di sini tidak berfungsi. Sehingga air yang masuk tidak bisa terbuang secara lancar," lanjut Johan.

Rumah warga di lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir, Rabu (17/2/2021).Rumah warga di lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir, Rabu (17/2/2021). Foto: Imam Suripto/detikcom

Sementara itu salah satu warga Desa Ketanggungan, Sumarmin (55), menyebutkan banjir terjadi sejak Selasa (16/2) malam. Air sungai menggenangi jalan dan rumah rumah warga.

"Sejak Selasa tengah malam. Air mulai menggenangi jalan dan sampai pagi seluruh rumah di sini terendam air," ujar Sumarmin.

Menurutnya, banjir kali ini merupakan yang terlama. Sebab, setiap Sungai Babakan meluap, banjir akan cepat surut. Namun kali ini hingga siang masih banyak rumah yang terendam banjir.

Simak juga Video: Banjir Kembali Rendam Akses Jalan Utama di Pamanukan Subang

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)