Tinggal Sehari Jabat Walkot Solo, FX Rudy Kemasi Barang di Ruang Kerja

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 17:52 WIB
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengemasi barang-barangnya dari ruang kerjanya, Selasa (16/2/2021).
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengemasi barang-barangnya dari ruang kerjanya, Selasa (16/2/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

FX Hadi Rudyatmo (FX Rudy) tinggal sehari lagi menjabat Wali Kota Solo. Dia pun mengemasi barang-barang yang ada di rumah dinas Loji Gandrung dan ruang kerjanya di Balai Kota Solo.

Terlihat FX Rudy membereskan ruangan setelah menyelesaikan kegiatannya sore ini. Para staf wali kota pun mengemasi barang-barang di lemari luar ruangan wali kota.

Sejumlah barang yang dikemasi antara lain foto-foto, buku, hingga tombak. Tampak sejumlah foto Bung Karno, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Bunda Teresa dan foto Rudy diturunkan dari dinding.

Patung Bung Karno pun dia masukkan ke dalam mobil dalam keadaan berdiri.

"Ini bawanya harus berdiri," kata Rudy sambil memasukkan patung ke kursi belakang mobil, Selasa (16/2/2021).

Sedangkan di Loji Gandrung, Rudy mengaku telah berkemas sejak beberapa waktu lalu. Rudy pun kini pulang ke rumah pribadinya di Kelurahan Pucangsawit.

Rudy mengatakan di akhir jabatannya ini justru kegiatannya sebagai wali kota semakin padat. Hari ini, dia memulai kegiatan peletakan batu pertama fasilitas pengembangan pendidikan anak di Joyotakan.

"Kemudian ke acara pembagian HP untuk anak-anak, lantas donor darah, lalu ketemu dengan senior-senior pensiunan di dinas kesehatan," ujar Rudy.

Bahkan besok, hari terakhir menjabat, Rudy masih mengikuti peringatan hari jadi Kota Solo ke-276. Dia akan memimpin apel di Balai Kota Solo.

"Besok tetap berkegiatan. Karena tugas saya habis pukul 00.00 (18 Februari 2021)," ujar dia.

Menurutnya, dia tidak akan merasakan perbedaan ketika menjadi masyarakat biasa. Apalagi dia saat ini masih bertugas sebagai Ketua DPC PDIP Solo hingga 2024.

"Saya tidak pernah memposisikan diri sebagai pejabat, setiap hari saya tidak jauh dengan masyarakat. Saya juga masih di DPC (PDIP) kok," ujar dia.

Rudy mengaku akan memaksimalkan waktunya nanti untuk keluarga. Sebab selama 20 tahun terakhir dirinya lebih banyak mengabdikan diri untuk masyarakat.

"Ini waktunya menebus waktu yang terbuang selama 20 tahun untuk anak cucu minimal. Jadi nanti bisa lihat anak cucu berangkat sekolah. Selamat ini kan saya sudah berangkat duluan, jam 06.00 sudah berangkat," tutupnya.

(sip/rih)