Penerbit Diadukan ke Polisi Terkait Soal 'Ganjar Tidak Pernah Bersyukur'

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 16:12 WIB
Pihak penerbit buku pelajaran yang menyebut nama Ganjar dipolisikan Forum Wali Murid Jawa Tengah ke Polda Jateng, Senin (15/2/2021).
Pihak penerbit buku pelajaran yang menyebut nama Ganjar dipolisikan Forum Wali Murid Jawa Tengah ke Polda Jateng, Senin (15/2/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterbitkan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri membuat heboh karena ada soal yang menyebut nama Ganjar. Netizen menghubungkannya dengan Ganjar Pranowo. Ada dua soal yang beredar fotonya di internet, yaitu:

Walaupun mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur dengan menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha. Pak Ganjar termasuk orang yang...
a. beruntung
b. beriman
c. rugi
d. sukses

Kemudian ada yang berbunyi:

Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukur. Sebagai orang Islam, ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang...
a. beruntung
b. beriman
c. bangkrut
d. rugi

Pihak penerbit kemudian memberikan klarifikasi. General Manager Tiga Serangkai, Mas Admuawan, menjelaskan bahwa soal tersebut pertama kali ditulis pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas 3 SD terbitan tahun 2009.

"Sebetulnya itu cetakan pertama kita tahun 2009. Waktu itu kan Pak Ganjar Pranowo belum menjadi public figure seperti sekarang. Jadi nama Ganjar ini tidak berkaitan dengan Gubernur Jawa Tengah," kata Admuawan saat ditemui di kantornya, Jalan dr Soepomo, Solo, Selasa (9/2).

Admuawan menjelaskan akan segera merevisi soal tersebut. Dia nantinya juga akan melengkapi keterangan bahwa kesamaan nama dalam buku bukan merupakan kesengajaan.

"Ini tentu akan kami revisi. Akan kita ganti dengan nama lain," kata Admuawan.

Halaman

(rih/sip)