Nasabah Asuransi di Purbalingga Tuntut Pencairan Klaim

Vandi Romadhon - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 17:03 WIB
Nasabah AJB Bumiputera 1912 mendatangi kantor cabang Purbalingga, Kamis (11/2/2021).
Nasabah AJB Bumiputera 1912 mendatangi kantor cabang Purbalingga, Kamis (11/2/2021). Foto: Vandi Romadhon/detikcom
Purbalingga -

Sejumlah nasabah mendatangi kantor cabang Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Purbalingga di Jalan Jenderal Soedirman Timur, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, hari ini. Mereka mempertanyakan nasib klaim asuransi yang tak kunjung cair.

"Kami sudah menanti selama 3 tahun untuk mendapatkan klaim asuransi. Tapi janji tinggal janji sampai sekarang tidak dibayarkan. Padahal nasabah sudah sangat membutuhkan. Yakni di antaranya kebutuhan untuk pendidikan," kata perwakilan nasabah, Tri Sucahyadi, kepada wartawan di lokasi, Kamis (11/2/2021).

Dirinya menjelaskan, seharusnya sesuai dengan kontrak AJB Bumiputera 1912, pada tahun 2018 lalu klaim asuransi sudah cair. Namun, hingga 2021 ini klaim asuransinya tak kunjung cair.

"Padahal tiap bulan kami tak pernah telat menyetorkan uang ke Bumiputera," ungkapnya.

Nasabah yang lain, Kartika, menceritakan sesuai dengan kontrak dia semestinya dapat mencairkan asuransi pada tahun 2019 yang lalu. Namun, saat dirinya menagih klaim sesuai kontrak tidak cair.

"Saya dijanjikan setahun untuk bisa dibayarkan. Namun, hingga Februari (2021) ini janji tinggal janji," jelas Kartika.

Dirinya meminta kepada AJB Bumiputera 1912 agar terbuka. Yakni, dengan memasang pengumuman siapa saja nasabah yang sudah dapat mencairkan asuransi.

"Kami minta pihak asuransi terbuka supaya kami tahu bahwa klaim asuransi tetap dibayarkan meski harus molor dari kontrak," tambahnya.

Sementara itu, Kacab AJB Bumiputera 1912 Purbalingga Budi Iwan Satriyo mengatakan, pihaknya tetap berusaha mencairkan asuransi setiap bulannya. Hal itu terus dilakukan meski jumlahnya terbatas.

"Kami memastikan akan meneruskan aspirasi dari sejumlah perwakilan nasabah yang datang ke Kantor AJB Bumiputera 1912 Purbalingga. Ini kami buat berita acara pertemuan perwakilan nasabah dengan manajemen AJB Bumiputera 1912 Purbalingga," kata Budi saat ditemui hari ini.

(rih/ams)