ADVERTISEMENT

Kapolda Jateng: Pembunuh 4 Orang Sekeluarga di Rembang Pelaku Tunggal

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 15:51 WIB
Rilis kasus pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang, Kamis 911/2/2021)
Rilis kasus pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Sumani (43), tersangka pembunuhan empat orang sekeluarga di Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang hingga kini masih berkilah soal perbuatannya. Namun, Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi menyebut Sumani merupakan pelaku tunggal kasus pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang.

"Tersangka belum kita mintai keterangan tetapi kita bisa menetapkan saudara Sumani adalah seorang tersangka tunggal," kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dalam konferensi pers di Mapolres Rembang, Kamis (11/2/2021).

Saat ini Sumani masih dirawat di RSUD dr R Soetrasno Rembang dan belum bisa dimintai keterangan. Meski begitu, Luthfi menduga pelaku sudah merencanakan aksi pembunuhan sadis sekeluarga itu.

"Terhitung mulai tanggal 8 (Februari) setelah gelar perkara sudah kita bisa ungkap dan tetapkan tersangka. Jadi pembunuhan berencana disertai dengan pemberatan ini, dilakukan oleh seorang atas nama Sumani, yang sampai sekarang belum bisa diambil keterangannya karena yang bersangkutan sakit," papar Luthfi.

Di lokasi yang sama, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar Fitriana memastikan pihaknya tidak salah tangkap terhadap Sumani. Sebab, berbagai bukti mulai dari bercak darah, hingga sidik jari, mengarah pada Sumani sebagai tersangka kasus pembunuhan sekeluarga di Rembang.

"Tidak (salah tangkap), karena kita sudah pastikan sidik jari. Sidik jari, perhiasan, itu semua ditemukan di rumah tersangka. Jelas ini, darah yang ada di motor adalah darah korban," papar Iskandar.

Pembunuhan ini menewaskan dalang Ki Anom Subekti (60), Tripurwati (50), Alfitri Saidantina (13), Galuh Lintang Laras Kinanti (10).

Selain bercak darah, polisi juga menemukan sidik jari Sumani di tubuh korban dan sekitar lokasi kejadian. Hal ini yang menguatkan dugaan polisi bahwa Sumani merupakan pelaku pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang.

Tak hanya itu, polisi juga menemukan rekaman CCTV yang merekam peristiwa saat tersangka datang ke rumah korban. Ciri-cirinya sama dengan Sumani.

Iskandar menyebut pihaknya masih akan mendalami kasus ini. Dia tidak menutup kemungkinan masih ada tersangka lain selain Sumani.

"Pelaku ini sementara baru satu ya, tapi penyidik akan tetap melakukan pengembangan. Apakah ada satu atau dua orang lagi, nanti akan kita sampaikan lagi, kalau memang nanti ada penambahan lagi," terang Iskandar.

Simak video 'Pembunuhan 4 Orang Sekeluarga Terkuak, Ini Identitas Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT