Hati-hati! Jalan Pantura Kudus-Semarang Masih Tergenang Banjir

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 09:18 WIB
Jalur Kudus-Semarang tergenang banjir, 9/2/2021
Jalur Kudus-Semarang tergenang banjir, 9/2/2021. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Genangan banjir di Kudus, Jawa Tengah belum surut, salah satunya di Jalan Pantura Kudus-Semarang. Jalan Pantura Kudus-Semarang di Desa Jati Wetan Kecamatan Jati masih tergenang air dengan ketinggian air mencapai 40 cm.

Dari pantauan detikcom di lokasi, genangan air berada di dua titik Jalan Pantura Kudus-Semarang di Desa Jati Wetan Kecamatan Jati, Selasa (9/2) pukul 08.25 WIB. Genangan banjir di Jalan Pantura Kudus-Semarang itu mulai tergenang banjir sejak Sabtu (6/2) lalu.

Titik pertama genangan air di depan Terminal Jati Kudus. Di sana genangan air sudah menutup semua jalan di sisi utara arah dari Semarang ke Pati. Ketinggian mencapai 40 cm.

Sedangkan dari Pati arah Semarang juga terendam banjir di Kudus. Sedangkan dari arah Pati ke Semarang ketinggian air mencapai 30 cm.

Terpantau arus lali lintas kendaraan besar tersendat. Karena kendaraan yang melintas mengurangi kecepatan saat melintas di genangan air.

Terlihat petugas kepolisian pun ada yang mengatur lalu lintas di perempatan depan Terminal Jati, Kudus. Polisi pun memberlakukan rekayasa jalan.

Kaur Mintu Lalu Lintas Polres Kudus, Iptu Didik mengatakan sampai hari Selasa (9/2) jalan Pantura Kudus masih terendam genangan air. Rekayasa arus lalu lintas pun masih dilakukan polisi, yakni dengan memberlakukan contraflow.

"Intinya dari Semarang Kudus-Pati saya lewatkan Lingkar Kencing (Lingkar Barat Kudus melintas Jalan AKBP Agil Kusumudya belok kanan. Kemudian arah Pati - Semarang, atau arah Kota Kudus ke Semarang kendaraan berat (lewat jembatan Tanggulangin menuju Demak) jalan lama. Terus kendaraan kecil jembatan yang baru sisi barat," ujar Didik saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (9/2/2021).

Didik mengatakan, kondisi arus lalu lintas saat ini lancar. Ketinggian air di jalan Pantura Kudus-Semarang mencapai 40 cm.

"Arusnya lancar, memang tergenang (Jalan Pantura Kudus-Semarang) air. Ketinggian sekitar 30 cm an," ujar dia.

Dia pun mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu hati-hati dan waspada. Didik juga mengingatkan kepada pengguna jalan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. "Pengguna jalan harus berhati-hati dan harus terapkan protokol kesehatan," imbau Didik.

Seperti diketahui genangan banjir juga masih menggenangi di Jalan Kudus - Purwodadi di Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati. Sepanjang 1 km jalan terendam banjir hingga 50 cm.

(mbr/mbr)