Salut! Warung Makan di Pekalongan Ini Gratiskan Makanan Setiap Hari

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 15:43 WIB
Roemah Makan Rakjat di Kota Pekalongan ini menggratiskan makanannya untuk para pelanggan, Rabu (3/2/2021). Rumah makan ini dirintis ibu-ibu Kelurahan Panjang Wetan dan didanai dari donasi warga.
Roemah Makan Rakjat di Kota Pekalongan ini menggratiskan makanannya untuk para pelanggan, Rabu (3/2/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Sebuah warung makan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggratiskan makanannya bagi siapa saja yang datang. Warung makan ini biasa laris manis di jam makan siang. Seperti apa kondisinya?

Warung makan bernama Roemah Makan Rakjat ini berada di Jalan Kusuma Bangsa, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Sejak empat bulan terakhir, warung makan yang dirintis oleh ibu-ibu di Kelurahan Panjang Wetan ini menggratiskan menu makanannya.

Pengelola warung makan, Kristina Maya, menyebut warung makan ini sengaja menyediakan makan bagi kaum duafa, warga yang terdampak Corona maupun banjir Pekalongan. Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB dan didanai dari warga yang berdonasi.

"Sudah empat bulan Roemah Rakjat ini berjalan. Warung makan ini ada dari kepedulian kita semua di tengah pandemi Corona, dan banjir yang kerap terjadi di Kota Pekalongan," kata Maya saat ditemui detikcom, Rabu (3/2/2021).

"Alhamdulillah, semakin banyak donasi yang membuat porsi kami setiap harinya bertambah," tambahnya.

Maya mengatakan dalam sehari pihaknya menyediakan sekitar 150 porsi makanan. Namun, beberapa hari terakhir ini, pihaknya membuat 450 porsi makanan.

"Rata-rata per hari habis 150 porsi, dan terakhir tadi kita naikkan menjadi tiga kali lipatnya. Alhamdulillah karena banyak orang yang mampu menitipkan ke kita untuk kita kelola," jelasnya.

"Biasanya, siang sudah habis," sambung Maya.

Maya mengatakan siapa saja bisa makan gratis di warung ini. Namun, ada syarat yang wajib dipatuhi yakni itu wajib menggunakan masker dan mencuci sendiri piring serta gelas yang digunakan untuk makan.

Selanjutnya kata pelanggan warung soal makanan gratis ini..

Selanjutnya
Halaman
1 2