Kisah Wismoyo Arismunandar Lirik Adik Bu Tien Saat Jadi Pengawal Soeharto

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 16:45 WIB
Titik Soeharto saat ditemui di pemakaman Wismoyo Arismunandar di Astana Giribangun, Karanganyar, Kamis (28/1/2021)
Titik Soeharto saat ditemui di pemakaman Wismoyo Arismunandar di Astana Giribangun, Karanganyar, Kamis (28/1/2021) (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar - Putri mantan Presiden Soeharto, Titiek Soeharto, mengenang kedekatan keluarga besar Soeharto dengan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar. Kedekatan ini yang akhirnya mengantar Wismoyo Arismunandar mempersunting adik Ibu Tien, Siti Hardjanti.

"Kami cukup dekat karena dulu (Wismoyo) jadi pengawal Bapak sejak tahun 60 atau 70-an," ujar Titiek saat ditemui di Astana Giribangun, Kamis (28/1/2021).

Titik mengenang selama menjadi pengawal Soeharto, Wismoyo Arismunandar menjadi sering bertemu dengan keluarga besar, termasuk adik Tien Soeharto, Siti Hardjanti. Titiek menyebut pernikahan Wismoyo Arismunandar dengan Siti Hardjanti berjalan natural dan bukan dijodohkan.

"Terus akhirnya ketemu dengan adiknya ibu. Tidak (dijodohkan), ya sering ketemu, ada di rumah jadi lirik-lirikan," kenang Titiek.

Titiek mengenang Wismoyo sebagai pribadi yang tegas namun dekat dengan semua orang. Dirinya terakhir bertemu Wismoyo setahun lalu.

"Orang yang tegas, dekat dengan semua orang. Ketemu terakhir setahun lalu, sehat walafiat waktu itu. Belakangan ini saja dapat kabar beliau sakit," ujar Titiek.

Dia pun turut mendoakan jenazah Wismoyo Arismundar. Mewakili keluarga besar, Titiek Soeharto juga menyampaikan duka cita mendalam.

"Saya atas nama keluarga besar Pak Harto menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Pak Wismoyo yang juga adalah om saya karena beliau menikah dengan adiknya Bu Tien. Tentunya kita doakan agar Pak Wismoyo diampuni dosa-dosanya," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Wismoyo Arismunandar meninggal di usia 80 tahun karena sakit. Wismoyo meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta, pukul 04.29 WIB tadi.

Wismoyo Arismunandar pernah menjabat Pangdam XVII/Trikora pada tahun 1986. Setelahnya atau di tahun 1989, Wismoyo Arismunandar menjabat Pangdam IV/Diponegoro.

Wismoyo juga pernah menjabat Pangkostrad di tahun 1990 dan Wakasad pada 1992. Terakhir dia menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di tahun 1993 atau era Soeharto. Sedangkan Panglima ABRI saat itu adalah Feisal Tanjung. (ams/sip)