4 Santri di Batang Hanyut Saat Menyeberang Sungai, 1 Masih Hilang

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 09:23 WIB
Ilustrasi
Ilustrasai. (Foto: Thinkstock)
Batang -

Sebanyak empat santri di Pondok Pesantren Modern Selamat di Subah, Batang, Jateng, hanyut di sungai Kalilebeng. Tiga orang dilaporkan selamat, sedangkan seorang santri masih dalam pencarian.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi, saat dihubungi detikcom membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Rabu (27/1) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Iya ada santri yang hanyut karena derasnya arus sungai. Tiga selamat dan satu masih dalam pencarian," kata Alul Azmi, Kamis (28/1/2021).

Tiga santri yang selamat yakni, M Rizal (16) warga Batang, M A Rofan (16) warga Tegal dan Doni Fatah (16) warga Batang. Sedangkan satu santri yang hilang, bernama M Adit Sugeng (16) warga Brebes.

Ulul Azmi menjelaskan dari keterangan saksi korban yang selamat, sebelumnya sekitar pukul 16.00 Wib, keempatnya keluar dari pondok untuk mengambil jahitan dan membeli jajan di Dukuh Tambakroto, Desa Kebumen, Kecamatan Tulis. Untuk menuju lokasi, keempatnya menyeberangi sungai Kalilebeng yang berada di belakang ponpes setempat.

"Keterangan semalam, dari saksi, mereka menyeberang sungai untuk mengambil jahitan dan beli jajan. Namun, saat berniat kembali ke pondok, arus sungai deras. Korban terbawa arus," kata Ulul Azmi.

BPBD Batang dari Rabu sore hingga malam, dibantu warga, SAR, TNI-Polri dan relawan telah melakukan pencarian dengan menyusuri sungai. Namun, karena kondisi arus air yang deras, upaya pencarian hingga Rabu malam belum membuahkan hasil.

"Pagi ini kita lakukan pencarian kembali. Nanti akan dibantu Basarnas Jawa Tengah," tambahnya.

(mbr/mbr)