Tebing Longsor di Magelang Timpa 4 Rumah, 4 Orang Luka

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 18:19 WIB
Tebing longsor di Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/1/2021)
Tebing longsor di Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (26/1/2021) Foto: dok. BPBD Kabupaten Magelang
Magelang -

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengakibatkan longsor. Akibat longsor tersebut empat rumah rusak dan empat orang terluka.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tebing setinggi 25 meter di Dusun Prampelan 1 longsor, sekitar pukul 15.30 WIB tadi. Longsoran tebing itu membawa material berupa rumpun bambu.

"Tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter longsor membawa material rumpun bambu sehingga menutup akses jalan dusun dan menimpa empat rumah warga, dua rumah mengalami rusak berat, satu rumah rusak ringan dan satu kandang rusak ringan," kata Edy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/1/2021).

Edy menyebut dua rumah rusak berat milik Slamet Ardiyanto dan Riyono. Kemudian rumah rusak ringan milik Yaminem dan kandang rusak milik Sumarno.

Sementara itu empat orang yang terluka yaitu Slamet Ardiyanto (39) dilarikan ke Puskesmas Kaliangkrik. Kemudian Anis Afiroh (32) dan Zidni (11) dirujuk ke RSUD Tidar Kota Magelang. Sedangkan seorang lagi, Riyono (59), dibawa menuju ke Poliklinik Desa Adipuro.

"Akibat longsor tersebut mengakibatkan empat warga mengalami luka dan dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro serta Puskesmas Kaliangkrik dan RSUD Tidar," katanya.

Edy mengatakan akibat kejadian tersebut keluarga Slamet Ardiyanto mengungsi ke rumah orang tuanya. Kemudian keluarga Riyono mengungsi menuju rumah tetangganya.

(ams/rih)