Vaksin Corona Kloter Kedua Tiba di Solo, Jumlahnya Lebih Banyak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 16:38 WIB
Vaksin Corona kloter kedua tiba di Solo, Selasa (26/1/2021).
Vaksin Corona kloter kedua tiba di Solo, Selasa (26/1/2021). (Foto: dok Pemkot Solo)
Solo -

Pemkot Solo kembali menerima vaksin Corona Sinovac. Untuk kali kedua ini, jumlah vaksin yang didatangkan lebih banyak dari jumlah sebelumnya, yakni 11.500 dosis vaksin.

Vaksin tiba di Solo, Selasa (26/1/2021) sekitar pukul 13.30 WIB. Vaksin kemudian disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Kecamatan Laweyan.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan vaksin yang didatangkan sebelumnya berjumlah 10.620 dosis. Tambahan ini berasal dari data yang baru masuk di pemerintah pusat.

"Kemarin ada tambahan data dari pemerintah pusat sebanyak 425 orang. Maka yang datang kali ini lebih banyak dari data kita sebelumnya," kata Ning, sapaannya, usai serah terima vaksin.

Adapun rinciannya ialah 10.620 dosis kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) yang sudah disuntik vaksin Corona. Kemudian 850 dosis untuk data tambahan yang baru masuk.

"Untuk tambahan 425 orang ini langsung disiapkan dosis pertama dan kedua, sehingga berjumlah 850 dosis. Masih ada sisa 30 dosis kita simpan dulu," kata dia.

Terkait proses vaksinasi tahap pertama, Ning mengatakan sudah mencapai hampir 80 persen. Dia mengungkap ada 2 ribuan orang dari tahap pertama yang belum divaksin.

"Menurut informasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Solo prosesnya paling cepat di tingkat nasional. Sebetulnya target saya hari ini selesai, tapi ternyata masih belum bisa," kata Ning.

"Ini yang tunda ada 465 orang. Rata-rata karena hipertensi. Kurang tahu apakah itu memang sakit atau karena deg-degan mau divaksin," imbuhnya.

Sementara efek samping dari vaksin, menurutnya rata-rata bergejala ringan. Namun ada satu orang yang merasakan vertigo usai disuntik vaksin Corona.

"Rata-rata hanya nyeri di lengan, pusing. Paling berat vertigo, itu hanya satu orang," tutupnya.

(sip/rih)