Istri Bupati Terpilih Bantul Juga Positif COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 16:12 WIB
Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, (20/5/2019).
Wakil Bupati Bantul sekaligus Bupati terpilih Bantul di Pilkada 2020, Abdul Halim Muslih. (dok. detikcom)
Bantul -

Wakil Bupati Bantul yang juga merupakan bupati terpilih Bantul di Pilkada 2020, Abdul Halim Muslih, positif virus Corona atau COVID-19. Dari hasil tracing, istri Halim, Emi Masruroh, juga dinyatakan positif COVID-19.

"Untuk istri wabup positif (COVID-19), kemarin swab dilakukan bersamaan," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa, saat ditemui wartawan di kantor Dinas Kesehatan Bantul, Selasa (26/1/2021).

dr Oki, sapaannya, mengatakan Emi dinyatakan positif COVID-19 pada Senin (25/1) kemarin. Saat ini, keduanya menjalani isolasi di RSUD Panembahan Senopati.

"Saat ini kondisinya stabil, bagus, tidak ada gejala yang mengkhawatirkan," ucapnya.

Oki menambahkan pihaknya juga melakukan tracing kontak terkait bupati terpilih Bantul di Pilkada 2020 itu. Oki menyebut ada lima orang yang hari ini menjalani tes swab dan masih menunggu hasilnya.

"Kami melakukan tracing pada kontak erat yang memenuhi kriteria. Yang memenuhi kriteria kontak erat ada lima dari internal (orang dekat Halim) dan siang ini diswab," kata Oki.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Bantul menyebut hasil tes PCR Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih positif COVID-19. Akibatnya Halim dan sejumlah pejabat yang merupakan kontak eratnya gagal mengikuti vaksinasi Corona.

"Sudah keluar (hasil swab PCR Wabup Bantul), keluarnya kemarin (Senin 25/1) kira-kira setengah 3 (sore) dan hasilnya positif (COVID-19)," kata Sekda Kabupaten Bantul Helmi Jamharis saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (26/1).

Helmi mengatakan pihaknya telah melakukan disinfeksi di kompleks Parasamya Kabupaten Bantul. Kemudian Dinas Kesehatan melakukan tracing kontak terhadap sejumlah orang untuk mengecek kasus penyebaran virus Corona.

"Nah, seperti saya alhamdulillah sekalipun ketemu tapi tidak kontak erat dan tidak masuk dalam kategori harus diswab," ucapnya.

(ams/rih)