Walkot Tegal Batal Disuntik Vaksin Corona Gegara Kadar Gula Tinggi

Imam Suripto - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 19:14 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon batal disuntik vaksin Corona gegara kadar gula darah tinggi, Senin (25/1/2021)
Wali Kota Tegal Dedy Yon batal disuntik vaksin Corona gegara kadar gula darah tinggi, Senin (25/1/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Tegal -

Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriono, batal disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) hari ini. Saat proses screening, kadar gula darah Dedy terdeteksi tinggi.

"Tadi saya saat dicek, karena gula darahnya naik (tinggi) saran dari dokter keputusannya belum bisa divaksin sampai nanti gula darahnya turun. Jadi harus betul-betul tidak ada penyakitnya," kata Wali Kota Tegal Dedy Yon usai pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah, Kota Tegal, Senin (25/1/2021).

"Nanti kita cek lagi, kalau sudah sehat baru divaksin," sambungnya.

Dedy memastikan pihaknya bakal rutin mengontrol kadar gulanya agar kembali normal. Sehingga dia bisa segera memenuhi syarat mendapatkan vaksin COVID-19.

"Dalam kesempatan ini saya belum bisa divaksin. Nanti akan dicek kesehatannya lagi agar kondisi tubuh sudah fit dulu," ucap Dedy Yon.

Total ada 11 orang yang dijadwalkan menerima vaksinasi COVID-19 di Kota Tegal hari ini. Namun, hanya ada enam orang yang lolos screening kesehatan.

Keenam pejabat Kota Tegal yang divaksin Corona hari ini yakni Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, Kadinkes Kota Tegal dr Sri Primawati, dan Direktur RSUD Kardinah dr Herry Susanto. Kemudian Ketua IDI Kota Tegal dr Said, dan Sekretaris Nahdatul Ulama Kota Tegal dr Muslih Dahlan.

"Jumlah sasaran total yang akan divaksin sebanyak 174.505. Sedangkan tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan yang divaksin sebanyak 2.967," tambah Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari saat ditemui di lokasi.

(ams/rih)