Diangkut Pesawat Hercules, Korban Gempa Sulbar Asal Jateng Tiba di Solo

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:28 WIB
Korban gempa Sulbar tiba di Lanud Adi Soemarmo Solo
Korban gempa Sulbar tiba di Lanud Adi Soemarmo Solo. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Sebanyak 54 pengungsi korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat tiba di Lanud Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka diangkut pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara.

"Siang ini telah mendarat pesawat kita dari TNI AU untuk mengantar keluarga-keluarga kita yang terkena musibah bencana di Mamuju maupun Majene," kata Dan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, di apron Baseops Lanud Adi Soemarmo, Kamis (21/1/2021).

Pesawat Hercules berangkat dari Makassar dan mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 10.30 WIB. Pesawat tersebut mengangkut 102 pengungsi korban gempa di Sulawesi Barat. Rinciannya 54 orang tujuan Jawa Tengah dan 48 orang tujuan Jawa Timur.

"Tadi pagi sudah berangkat dari Makasar, sekarang sudah mendarat di Adi Soemarmo, keluarga kita, rekan-rekan kita sejumlah 54 orang. Ada di pesawat lagi akan melanjutkan perjalanan ke (Lanud) Abdurahman Saleh, Malang, itu 48 orang," jelas I Nyoman.

Korban gempa Sulbar tiba di Lanud Adi Soemarmo SoloKorban gempa Sulbar tiba di Lanud Adi Soemarmo Solo (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Setelah mendarat 54 pengungsi tersebut menjalani pemeriksaan swab antigen di Lanud Adi Soemarmo. Sebelum berangkat terbang, mereka juga telah menjalani pemeriksaan rapid test. "Mudah-mudahan tidak ada yang positif maupun reaktif," imbuhnya.

Setelah menjalani tes swab antigen, para pengungsi selanjutnya dibawa ke Solo Techno Park (STP) sebagai tempat tinggal sementara.

Nyoman Suadnyana juga menyatakan, TNI siap membantu sepenuhnya misi kemanusiaan ini. Jika nantinya masih ada warga korban gempa yang ingin pulang ke daerah asalnya ke seluruh wilayah Indonesia. "Semua akan kita bantu semaksimal kita bisa termasuk mulai pengangkutan Hercules," pungkasnya.

(mbr/sip)