Round-Up

7 Fakta Munculnya Puting Beliung Raksasa di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Aris Arianto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 09:32 WIB
Puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021).
Foto: Tangkapan layar video viral (istimewa)
Wonogiri -

Angin puting beliung muncul di tengah Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1) sore. Puting beliung muncul dengan ukuran cukup besar dan berdurasi cukup lama.

Puting beliung terlihat sekitar pukul 16.00 WIB. Kali pertama angin terlihat di tengah perairan Waduk Gajah Mungkur, sekitar Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Berikut ini fakta-fakta kemunculan puting beliung yang membuat panik warga tersebut:

1. Ukuran besar dan cukup lama
"Angin puting beliung itu terlihat muncul di atas WGM Wonogiri. Ukurannya cukup besar dan berputar sekitar 10-15 menit," kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto kepada detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (20/1/2021).

2. Bergerak ke arah barat
Bambang menyebut pusaran angin puting beliung pertama muncul di sekitar Desa Sendang. Selanjutnya bergerak ke arah barat lantas ke selatan.

3. Menghilang sebelum sampai daratan
Setelah bergerak ke arah selatan, angin kemudian hilang. Puting beliung hanya muncul di atas perairan dan tidak sampai ke daratan apalagi permukiman warga.

"Ukuran angin cukup besar dan durasinya cukup lama, ya ada belasan menit. Alhamdulillah kemudian turun hujan lalu anginnya hilang, jadi tidak sampai ke permukiman, hanya di atas air," ujar Kades Sendang, Sukamto.

4. Tidak berdampak kerusakan
Tidak ada laporan kerusakan apapun akibat peristiwa puting beliung itu. Mengingat terjadi di atas perairan waduk. Hanya saja sempat membuat khawatir warga dan nelayan sekitar.

Simak video 'Angin Puting Beliung di Waduk Wonogiri Picu Kepanikan Warga':

[Gambas:Video 20detik]






Selanjutnya: bagaimana penjelasan ilmiahnya?

Selanjutnya
Halaman
1 2