Pohon Tumbang-Atap Rumah di Sukoharjo Rusak Diterjang Hujan dan Angin

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 20:21 WIB
Atap rumah rusak diterjang angin di Sukoharjo, 20/1/2021
Atap rumah rusak diterjang angin di Sukoharjo. (Foto: Dok. BPBD Sukoharjo)
Sukoharjo -

Hujan disertai angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kota Solo dan sekitarnya, sore ini. Termasuk di Kabupaten Sukoharjo, angin kencang menyebabkan atap rumah rusak hingga pohon bertumbangan.

Kepala BPBD Sukoharjo, Srimaryanto, mengatakan hujan merata terjadi sejak sekitar pukul 16.00 WIB hingga malam ini. Kemudian angin kencang dilaporkan terjadi di wilayah Kecamatan Tawangsari dan Bulu.

"Sedikitnya ada enam pohon tumbang di Kecamatan Tawangsari dan Bulu," kata Srimaryanto saat dihubungi detikcom, Rabu (20/1/2021).

Enam pohon yang tumbang tersebut berada di empat desa. Di Kecamatan Tawangsari, masing-masing satu pohon tumbang di Desa Grajegan, Desa Tambakboyo, Desa Dalangan. Kemudian tiga pohon tumbang lainnya berada di Desa Lengking, Kecamatan Bulu.

"Pohon tumbang di jalan, sementara belum ada dampak. Evakuasi dilakukan BPBD, PMI, relawan dan warga," kata dia.

Angin kencang juga berdampak pada kerusakan atap rumah. Atap dari galvalum milik warga Dukuh Jonggolan RT 01/RW 08 Desa Ponowaren, Tawangsari terlepas hingga jatuh di sekitar rumah.

"Dampak lainnya ada atap teras rumah warga rusak akibat angin kencang di Desa Ponowaren, Kecamatan Tawangsari," ujar dia.

Kini BPBD masih menyisir kawasan tersebut untuk mendata dampak lainnya. Mereka juga terus bersiaga karena saat ini hujan masih berlangsung.

(mbr/ams)