Pemprov Jateng Kirim Relawan dan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:30 WIB
Pemprov Jateng kirim bantuan untuk korban gempa Sulawesi Barat, Rabu (20/1/2021).
Pemprov Jateng kirim bantuan untuk korban gempa Sulawesi Barat, Rabu (20/1/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan berupa personel relawan dan logistik untuk membantu korban gempa di Sulawesi Barat. Ada juga bantuan berupa uang tunai hingga mainan untuk anak-anak.

Pelepasan bantuan dilakukan di depan kantor Gubernur Jawa Tengah hari ini. Ada 15 relawan dengan keahlian masing-masing yang terdiri dari relawan BPBD beberapa Kabupaten Kota, Tagana, PMI, Dinsos dan instansi terkait. Selain itu terdapat uang tunai Rp 500 juta dan bantuan dalam bentuk logistik senilai Rp 269 juta.

"Spirit kita adalah gotong royong untuk membangun rasa kemanusiaan. Dengan banyaknya bencana yang terjadi, maka kita mesti bertindak untuk melakukan sesuatu. Agar, rasa sakit saudara kita di semua lokasi bencana dapat kita ringankan," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Rabu (20/1/2021).

Untuk bantuan barang antara lain makanan, tenda, tikar dan kebutuhan logistik kebencanaan lainnya, termasuk mainan untuk anak. Ia berpesan agar korban perempuan dan anak-anak mendapat perhatian.

"Tadi saya titip untuk anak-anak dan perempuan, karena seringkali terlupakan. Padahal, mereka butuh, apalagi anak-anak ini butuh mainan, butuh suasana happy dan butuh hiburan. Meskipun kondisinya darurat, anak-anak ini butuh dihibur, diberikan semangat agar tabah menjalani musibah ini," jelasnya.

Salah seorang relawan yang diberangkatkan dari Jateng khusus menangani psikososial anak. Sehingga diharapkan bisa membuat anak-anak korban gempa kembali pulih dari traumanya.

"Tadi ada tim yang tugasnya di bidang psikososial, jadi harapannya bisa membuat anak-anak seneng. Ajak mereka bermain agar semangat mereka kembali tumbuh. Mungkin dibelikan bola, buku gambar dan lainnya," terangnya.

Kepada para relawan, Ganjar berpesan agar tidak merepotkan tuan rumah dan menjaga nama baik Provinsi Jawa Tengah. Selain itu ia meminta para relawan menjaga kesehatannya.

"Saya minta langsung lapor Pemda setempat setelah datang, dari sana terserah, mau disebar ke mana siap semuanya. SOP mereka sudah paham, pengalaman juga sudah banyak karena pernah berkeliling ke banyak tempat. Saya pesan jaga kesehatan dan jaga nama baik Jawa Tengah," pungkasnya.

(sip/rih)