Hujan Abu Gunung Merapi Jangkau Desa di Wilayah KRB II Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 12:53 WIB
Abu Gunung Merapi yang menempel pada tanaman di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (19/1/2021).
Abu Gunung Merapi yang menempel pada tanaman di Desa Tegalmulyo, Klaten, Selasa (19/1/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Diwawancara terpisah, seorang warga Dusun Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sukiman, mengatakan abu di desanya juga tipis. Selain itu kondisi tersebut tidak mengganggu aktivitas warga.

"Tidak mengganggu aktivitas warga dan kemungkinan bisa berlanjut sebab Merapi memang tahap erupsi. Ini mungkin karena angin ke timur jadi sampai ke sini sebab erupsinya kan ke arah barat," kata Sukiman di rumahnya pada detikcom.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten Sri Yuwana Haris Yuliyanta menambahkan wilayah Desa Tlogowatu memang berada di KRB II. Tapi sejauh ini laporan yang masuk abu hanya di KRB III.

"Dari laporan ke BPBD abu hanya ada di KRB III saja meliputi Desa Balerante, Sidorejo dan Tegalmulyo. Untuk Desa Sidorejo abunya tipis,'" jelas Haris saat dihubungi detikcom, hari ini.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.00 WIB, abu mulai tampak di Dusun Munggur, Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang. Namun semakin ke atas memasuki Desa Tegalmulyo dan Sidorejo, tampak abu makin tebal.

Pohon, jalan dan rumah warga tampak memutih tertutup abu. Namun warga tetap berkegiatan, di antaranya ke tegalan, membersihkan rumah atau memberi makan ternak.

Halaman

(sip/ams)