Kata Ganjar Soal Viral Foto Bupati Pati Tak Bermasker di Acara Pernikahan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 15:16 WIB
Viral foto Bupati Pati Haryanto hadiri pernikahan tanpa masker, Senin (18/1/2021).
Viral foto Bupati Pati Haryanto hadiri pernikahan tanpa masker, Senin (18/1/2021). (Foto: Tangkapan layar IG Bupati Pati, Haryanto @haryantoshmmmsi)
Semarang -

Foto Bupati Pati Haryanto tanpa masker saat menghadiri acara pernikahan viral di media sosial. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara.

Ganjar mengaku sudah mendapatkan klarifikasi yang menyebutkan masker Bupati Pati dilepas hanya saat sesi foto dengan pengantin.

"Yang saya terima yang berita Bupati Pati tidak pakai masker tadi sudah diklarifikasi karena mantennya minta itu dibuka karena mau difoto. Yang gini-gini ini jangan dilayani lagi," kata Ganjar di kantornya, Senin (18/1/2021).

"Saya hanya mengingatkan kita jangan sampai lupa begitu ada kerumunan, masker ini tidak dilepas, mau foto mau nggak, nggak boleh," imbuhnya.

Ganjar juga menceritakan, beberapa kali ia terpaksa menolak ajakan foto yang terlalu dekat hingga ada yang mengajak bicara dengan membuka masker. Hal-hal itu menurut Ganjar bisa jadi edukasi soal protokol kesehatan COVID-19.

"Saya kemarin juga masih sempet menanam pohon, semua yang ngomong dibuka (masker), 'kamu tutup atau enggak usah ngomong?'. 'Pak foto dekat-dekat', 'enggak boleh, jaga jarak dulu, semua masker dipakai'. Sebenarnya edukasi-edukasi semacam ini penting dilakukan karena kita sendiri juga tidak boleh ceroboh," jelasnya.

Ia juga menyampaikan bagi yang sudah mendapat vaksin pun juga tidak boleh lengah protokol kesehatan.

"Saya sendiri sudah divaksin saja enggan berani gembelengan enggak pakai masker seolah-olah sudah sehat. Vaksin itu salah satu saja, tetap pakai masker. Saya minta teman-reman aapalagi pejabat publik untuk mengikuti semuanya," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pati Haryanto menanggapi fotonya yang viral karena tanpa masker saat menghadiri acara pernikahan. Haryanto memberi penjelasan lewat akun Instagram pribadi miliknya @haryantoshmmmsi.

Simak juga video 'Pasien Covid-19 Nikah Virtual dari RSDC Wisma Atlet':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2