Pencarian 12 Orang ABK yang Hilang di Perairan Jepara Terkendala Cuaca

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 19:39 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi kapal tenggelam (Dok detikcom)
Jepara -

Basarnas Semarang Cabang Jepara bersama tim gabungan masih mencari 12 nelayan asal Batang yang hilang di Laut Jawa, tepatnya di perairan Jepara. Pencarian hari ini masih nihil karena terkendala cuaca buruk.

"Pencarian sampai saat ini masih nihil. Hasilnya masih nihil. Hari ini kita terkendala cuaca, hujan. Cuaca tidak mendukung. Hujan terus jadi jalan terkendala. Gelombangnya naik," kata Koordinator Basarnas Semarang Cabang Jepara, Whisnu Yuas saat dihubungi detikcom, Minggu (17/1/2021).

Whisnu menjelaskan hari ini merupakan pencarian hari keempat setelah ditemukan dua nelayan dari Batang yang dievakuasi nelayan Jepara pada Rabu (13/1) lalu. Keduanya saat dievakuasi dalam kondisi selamat dan dirawat di rumah sakit.

Adapun pencarian hari ini dilakukan hingga laut wilayah Pati dan Rembang. Dalam pencarian pun dibantu oleh sejumlah tim gabungan.

"Untuk hari ini kita masih melakukan pencarian. Itu ada bantuan 01 Semarang, 02 Basarnas dari Jepara, dan ada kapal speed boat punya Polres juga. Ada juga Hiu Macan 03 dan Hiu Macan 05 punyanya Kementerian Kelautan," jelas Whisnu.

"Wilayah pencarian sendiri, kita sampai laut Pati dan Rembang. Ada juga Basarnas Surabaya melakukan penyisiran UPT (wilayah laut) Lamongan," sambung dia.

Menurutnya pencarian ini dilakukan selama tujuh hari. Hal tersebut sesuai dengan SOP yang berlaku. Pencarian dilakukan mulai Kamis (14/1) lalu. Basarnas Jepara pun telah mendirikan posko di kawasan Pelabuhan Jepara.

"Pencarian sampai tujuh hari. Keempat sejak kemarin. Kemungkinan hari Rabu sampai hari itu," tandas Whisnu.

Diberitakan sebelumnya, ada 12 anak buah kapal cantrang asal Batang yang dikabarkan hilang di laut Jepara. Ini diketahui setelah ada dua nelayan asal Batang itu diselamatkan nelayan Jepara pada Rabu (13/1) lalu.

"Kita sejak Rabu (13/1) kemarin mulai melakukan pencarian nelayan hilang. Ini diketahui setelah ada dua nelayan ditemukan dalam kondisi selamat di perairan Jepara dan dievakuasi ke Pantai Pailus Jepara pada hari itu juga. Ini masih ada 12 orang yang dilaporkan belum ketemu," kata Koordinator Basarnas Semarang Cabang Jepara, Whisnu Yuas saat dihubungi detikcom lewat sambungan telepon, Sabtu (16/1).

Tonton juga '5 ABK Terjun ke Laut dan Hilang Gegara Teman Ngamuk Bawa Sajam':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)