Tanah Longsor Terjang Tiga Lokasi di Rahtawu Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 12:47 WIB
Tanah longsor di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Kudus, Kamis (14/1/2021).
Tanah longsor di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Kudus, Kamis (14/1/2021). (Foto: dok BPBD Kudus)
Kudus -

Hujan deras yang terjadi tadi malam menyebabkan tanah longsor di wilayah Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tidak ada korban jiwa, namun akses jalan desa setempat sempat tertutup tanah longsor.

"Iya benar, kejadian tanah longsor akibat dari hujan deras tadi malam. Ada tiga titik lokasi longsor," kata Kades Rahtawu Didik Ariyadi saat dimintai konfirmasi detikcom lewat sambungan telepon, Kamis (14/1/2021).

Didik mengatakan titik longsor pertama terjadi di RT 6/RW 1 tadi malam jam 00.30 WIB. Akibatnya saluran air sepanjang kurang lebih 50 meter tertutup material lumpur dan meluber ke jalan.

"Sebagian material yang meluber ke jalan sudah teratasi tadi malam sampai sekitar jam 03.00 WIB," ungkap dia.

Selanjutnya tanah longsor menutup jalan di wilayah RT 7/RW 1. Longsor itu hanya menutup jalan, sedangkan titik ketiga tanah longsor menimbun jalan dan kandang kambing. Akibatnya satu ekor kambing mati.

"Selanjutnya longsor menutup jalan dan menimbun sebuah kandang kambing. Akibatnya satu ekor kambing mati," jelas Didik.

Diwawancara terpisah, Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan hingga siang ini telah dilakukan proses kerja bakti pembersihan material. Dia menegaskan tidak korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Tanah longsor terjadi Rahtawu Kecamatan Gebog, karena hujan deras sejak tadi malam. Tebing tidak ada penguat dan material gempur sehingga terjadi longsor. Akibatnya longsor menutup jalan. Kita sudah kerja bakti pembersihan material," kata Budi saat dihubungi, siang ini.

(sip/ams)