Vaksinasi di Solo Baru Diberikan 1 Dosis, Pemprov Sebut Stok Terbatas

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 07:06 WIB
Vaksin COVID-19 Sinovac sudah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Senin (4/1/2021). Dalam tahap ini Jateng menerima 62.560 dosis vaksin untuk COVID-19 tersebut.
(Foto: Istimewa/Humas Pemprov Jateng)
Semarang -

Distribusi vaksin Corona di Jawa Tengah untuk tiga daerah sudah dilakukan. Untuk Kota Solo, baru bisa diberikan satu suntikan kepada 10.609 tenaga medis, sedangkan untuk Kota Semarang dan Kabupaten Semarang sudah bisa mendapatkan dua dosis untuk satu tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan dari update terbaru, Kota Semarang mendapatkan 38.240 dosis untuk 18.752 tenaga medis, kemudian Kabupaten Semarang 8.000 dosis untuk 3.987 tenaga medis. Satu orang memang mendapatkan dua dosis yang disuntikkan berselang 14 hari.

"Surakarta (Solo) sementara baru dapat 10.620 dosis untuk 10.609 nakes. Untuk Solo ini suntikan kedua masih menunggu, untuk Solo mohon maaf. Untuk Kota dan Kabupaten Semarang sudah untuk 2 dosis," kata Yulianto lewat wawancara daring, Rabu (13/1/2021).

Ia menegaskan untuk pemberian dosis vaksin kedua yaitu 14 hari dari vaksinasi hari pertama sehingga tidak bisa dikatakan kondisi di Solo itu karena terbatasnya vaksin yang datang pada tahap pertama ini.

"Solo sudah ada tapi belum kita kirim. Kota dan Kabupaten Semarang kita kirim sekalian, karena dekat, pengawasannya mudah," tandasnya.

"Saya tegaskan untuk penyuntikan pertama di 3 daerah ini dosisnya cukup semuanya. Vaksinnya cukup untuk penyuntikan pertama. Nanti yang 14 hari lagi ada sebagian kita kirim jelang hari keempat belas," tegas Yulianto.

Pada vaksinasi Corona tahap pertama ini, Pemprov Jawa Tengah memang memprioritraskan tiga daerah untuk lebih dulu dilakukan. Ketiga daerah tersebut adalah Kota Semarang, Kota Solo, dan Kabupaten Semarang.

(alg/mbr)