Pohon Tumbang di Jalingkut Pantura Pemalang, Lalu Lintas Sempat Tersendat

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 22:18 WIB
Polisi evakuasi pohon tumbang di Jalingkut Pantura, Pemalang, Rabu (13/1/2021).
Polisi evakuasi pohon tumbang di Jalingkut Pantura, Pemalang, Rabu (13/1/2021). Foto: dok. Polres Pemalang
Pemalang -

Pohon tumbang di jalur jalan lingkar utara (Jalingkut) Pantura, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (13/1) malam. Arus lalu lintas sekitar lokasi yang mengarah ke Jakarta, sempat tersendat hingga sekitar satu kilometer.

"Betul ada pohon tumbang yang sempat menimbulkan kemacetan di lingkar utara Pantura, lokasinya dekat dengan terminal induk Pemalang," kata Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Rabu (13/1/2021).

Ronny menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 WIB tadi. Personel Polres Pemalang yang sedang melaksanakan patroli kebetulan melintas di lokasi pohon tumbang tersebut.

"Di tengah patroli, personel Polres Pemalang melihat ada kemacetan panjang kurang lebih satu kilometer. Setelah dicek, ternyata ada pohon tumbang yang menutup sebagian jalan Pantura ke arah barat," kata Ronny.

Oleh petugas, pohon tumbang tersebut langsung dievakuasi dengan cara dipotong terlebih dahulu menggunakan gergaji.

"Jadi memang, petugas telah menyiapkan alat-alat ketanggapsiagaan bencana alam, di masing-masing mobil operasional kita. Sehingga ada bencana pohon tumbang, langsung bisa diatasi," jelas Ronny.

"Harapannya, personel Polres Pemalang dapat bertindak cepat dalam menghadapi bencana alam di musim hujan," imbuh Ronny.

Ronny menyebut saat ini arus lalu lintas di lokasi sudah kembali normal setelah proses evakuasi pohon yang tumbang rampung.

(rih/rih)