Round-Up

5 Fakta Terbaru Kecelakaan yang Tewaskan Chacha Sherly di Tol

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 14:12 WIB
Penampakan mobil Chacha Sherly di Polres Semarang, Rabu (6/1/2021).
Mobil Chacha Sherly yang kini berada di Polres Semarang. (Foto: Dok Satlantas Polres Semarang)
Yogyakarta -

Polisi akhirnya mengungkap hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan di Tol Semarang-Solo KM 428 yang menewaskan Chacha Sherly eks anggota Trio Macan. Sejumlah fakta baru terungkap dari kecelakaan itu, apa saja?

Kasat Lantas Polres Semarang, AKP M Adiel Aristo, menjelaskan olah TKP digelar bersama tim Traffic Accident Analysis (TAA) Ditlantas Polda Jateng pada Selasa (5/1). Puzzle kecelakaan yang melibatkan beberapa kendaraan itu akhirnya terpasang.

1. Kecepatan Mobil Chacha Sherly mencapai 100 km/jam

Aristo mengungkap mobil Honda H-RV bernopol S 1180 HW yang ditumpangi Chacha Sherly melaju di jalur B menuju Semarang dengan kecepatan hingga 100 km/jam.

"Dari hasil olah TKP, kecepatan mobil HR-V mencapai 80-100 km/jam, ujar Aristo saat dihubungi detikcom, Kamis (7/1).

2. Kondisi di TKP Saat Kejadian Hujan Deras

"Ditambah hujan deras sehingga jarak pandang terbatas. Sopir tiba-tiba tidak mampu menguasai setir kemudinya. Sehingga ketika di lokasi kecelakaan, rem tak berfungsi maksimal dan sopir membuang ke kanan melewati U-turn yang ditutup water barrier," ulas Aristo.

U-turn tersebut, kata Aristo, bukan untuk pengguna jalan melainkan petugas tol atau aparat yang berkepentingan.

3. Mobil Chacha Sherly Tertabrak Bus

Mobil Chacha Sherly yang menabrak water barrier di U-turn itu putar arah ke jalur A atau arah Solo. Nahas, mobil Chacha Sherly kemudian ditabrak bus Murni Jaya B 7378 TGD yang sedang melaju di jalur A.

"Karena jarak yang sudah dekat sekali, kendaraan bus Murni Jaya tidak bisa menghindar dan terjadilah kecelakaan lalu lintas tersebut," jelasnya.

4. Kecelakaan Karambol Terjadi Usai Tabrakan Mobil Chacha Sherly

Kecelakaan karambol empat mobil pribadi dan satu unit truk boks terjadi di jalur B usai kecelakaan mobil Chacha Sherly. Kecelakaan di jalur arah Semarang itu, kata Aristo diakibatkan pengemudi yang fokus melihat kecelakaan yang dialami Chacha di jalur A (arah Solo).

Tidak ada korban dalam kecelakaan karambol tersebut.

"Kecelakaan karambol yang melibatkan 4 kendaraan pribadi dan satu mobil boks di jalur B terjadi setelah kecelakaan lalu lintas yang dialami Chacha. Kendaraan yang terlibat kecelakaan itu memperlambat laju, berkonsentrasi melihat laka lantas di jalur A antara HR-V dan bus," jelasnya.

5. Sopir Chacha Sherly Resmi Jadi Tersangka

Pengemudi mobil Chacha Sherly, KU, akhirnya resmi menjadi tersangka. Polisi menduga KU lalai sehingga menimbulkan kecelakaan yang menyebabkan Chacha Sherly meninggal dunia.

"Melanggar pasal 310 ayat 4 UU no 22 tahun 2009. Karena kelalaiannya menyebabkan ada korban meninggal," jelas Aristo, hari ini.

(sip/ams)