Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas, Jarak Luncur 300 Meter

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 13:37 WIB
Yogyakarta -

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran siang ini. Kejadian ini merupakan kali kedua setelah pada pagi tadi Merapi juga memuntahkan awan panas.

"Awan panas guguran terjadi di Gunung Merapi tanggal 7 Januari 2021 pukul 12.50 WIB," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Hanik menjelaskan awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 21 milimeter dan durasi 139 detik. Luncuran mengarah ke sisi barat yaitu ke Kali Krasak.

"Tinggi kolom teramati 200 meter di atas puncak, jarak luncur sekitar kurang lebih 300 meter ke arah hulu Kali Krasak," paparnya.

Sebelumnya, Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mengalami erupsi pagi ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Merapi memuntahkan awan panas guguran.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 7 Januari 2021 pukul 08.02 WIB," tulis BPPTKG dalam akun resminya seperti dikutip detikcom, pagi tadi.

Tinggi kolom awan panas tidak terpantau karena cuaca berawan. Akan tetapi awan panas meluncur ke hulu Kali Krasak. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo maks 28 mm dan durasi 154 detik.

"Cuaca berawan di sekitar Merapi, terlihat awan panas meluncur ke hulu Kali Krasak," jelasnya.

(mbr/sip)