Polda Jateng-Kodam IV Diponegoro Gelar Latihan Gabungan, Ada Apa?

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 13:11 WIB
Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro gelar latihan gabungan, Kamis (7/1/2021).
Latihan gabungan Polda Jateng-Kodam IV/Diponegoro. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro menggelar latihan gabungan hari ini. Latihan gabungan bersama Pemprov Jateng ini dilaksanakan di beberapa wilayah Solo Raya.

"Kita Polda Jateng bersama Kodam IV/Diponegoro dan Pemprov akan melaksanakan latihan gabungan dengan maksud, latihan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dan sinergitas dalam rangka menjaga NKRI," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono.

Hal ini disampaikan Luthfi kepada para wartawan usai membuka latihan gabungan itu di Mako Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor, di Gunung Kendil, Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Kamis (7/1/2021). Latihan ini diikuti oleh 87 personel Brimob Polda Jateng dan 75 personel Kodam IV/Diponegoro.

Lebih lanjut Luthfi menyatakan latihan bersama ini dilakukan secara berjenjang dan berlanjut secara terus menerus. Latihan selama satu hari itu antara lain akan berlangsung di wilayah Boyolali dan Karanganyar.

Latihan gabungan Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro di Boyolali, Kamis (7/1/2021).Latihan gabungan Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro di Boyolali, Kamis (7/1/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Dia menjelaskan materi latihan bersama ini antara lain patroli skala besar oleh TNI-Polri. Kemudian ada penghancuran instalasi, pembebasan sandera terkait aksi terorisme, latihan menembak, dan lainnya.

"Kita semua sudah siap, jadi kita persiapkan lebih jauh lagi. Tetapi tanpa diminta pun kesiapan itu sudah ada, di masing-masing anggota TNI dan Polri," kata dia.

Lutfhi juga menyampaikan harapannya agar anggota Polri-TNI yang terlatih sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir bisa memberikan pengabdian menjaga keutuhan NKRI.

Dalam kesempatan ini, Luthfi juga menyampaikan bahwa Polri dan TNI juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial untuk masyarakat terdampak Pandemi COVID-19. Di antaranya menggelar dapur umum.

"Kemudian pembagian beberapa APD (alat pelindung diri), diantaranya masker, hand sanitizer dan sebagainya yang spot-spotnya telah kita tunjuk, sehingga dapat meringankan beban masyarakat kita berikut memutus rantai terkait dengan COVID-19, khususnya di wilayah kita," pungkasnya.

(sip/ams)