Solo Tembus 5 Ribu Kasus COVID-19, Pemkot Siapkan RS Darurat

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 18:37 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on  COVID-19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Solo -

Kasus COVID-19 di Kota Solo per hari ini, Minggu (3/1/2021) menembus angka 5 ribu orang positif COVID-19. Dengan tambahan 89 kasus, jumlah akumulasi kasus COVID-19 selama ini mencapai 5.060 orang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan penambahan kasus belum menunjukkan penurunan. Justru semakin hari, penambahan kasus menunjukkan tren meningkat.

"Di Solo ini belum menunjukkan penurunan. Awal-awal penambahan per hari cuma satu digit, kemudian dua digit, belakangan ini sampai 100-an atau tiga digit," kata Ahyani saat dihubungi detikcom, Minggu.

Menurutnya, penambahan kasus disebabkan karena masifnya dilakukan tracing. Selain itu, masyarakat juga dinilai semakin abai menerapkan protokol kesehatan.

"Yang pasti karena semakin banyak tracing, sehingga semakin banyak ditemukan kasus. Selain itu, masyarakat juga cenderung abai. Penegakan aturan tidak akan jalan jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat," ujar dia.

Ahyani juga berharap kedatangan vaksin bisa segera mengendalikan COVID-19. Dia juga berharap vaksin segera disebar ke daerah.

"Infonya nama-nama sudah keluar, mayoritas tenaga kesehatan. Tetapi saya belum terima datanya," ujar dia.

Sementara itu, Pemkot Solo sudah melakukan ancang-ancang mendirikan rumah sakit (RS) darurat. Pemkot akan menggunakan Solo Technopark (STP) yang akan menampung ratusan pasien.

"RSUD Ngipang dan RSUD Bung Karno sudah kita gunakan untuk pasien COVID-19. Kalau nanti penuh, kita siapkan RS darurat di Solo Technopark," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pihaknya juga akan merekrut tenaga sukarelawan untuk bertugas di RS darurat. Terkait sarana dan prasarana penunjang, pihaknya juga telah menganggarkan untuk tahun 2021.

"Untuk sementara, tenaga kesehatan pakai yang sudah ada dulu. Anggaran sarana dan prasarana sudah kita anggarkan juga," tutupnya.

Hingga Minggu (3/1), jumlah akumulasi kasus Corona di Solo mencapai 5.060 orang positif. Sebanyak 1.114 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri, 266 orang dirawat, 3.413 orang sembuh dan 267 orang meninggal dunia.

(bai/mbr)