Mumtaz Rais soal Klaim Kader PAN Bedol Desa ke Partai Ummat: Itu Hoax!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 15:23 WIB
Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN Mumtaz Rais
Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Mumtaz Rais, Rabu (30/12/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Partai Ummat mengklaim mayoritas kader PAN akan bedol desa ke partai besutan Amien Rais itu. DPP PAN menyebut klaim itu sebagai hoax.

"Itu (kader PAN ke partai Ummat) hoax, gitu aja lah. Sebelum mendeklarasikan sesuatu, harus dipastikan dulu partainya ada betul atau tidak," kata Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Mumtaz Rais, saat ditemui usai Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 DPW PAN DIY di Hotel Grand Inna Malioboro, Kota Yogyakarta, Rabu (30/12/2020).

"Kalau cuma bikin logo, bikin nama partai, anak saya aja bisa bikin partai jeruk, partai apel," cetus Mumtaz.

Mumtaz menyebut hingga saat ini Partai Ummat belum terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) sebagai partai. Dia pun enggan bicara banyak soal partai besutan ayahnya, Amien Rais, itu.

"Saya tidak akan bicara partai yang belum jelas keberadaannya, saya tidak sebut nama, kan belum jelas itu. Harus menunggu Kemenkum HAM dulu, partai ini akan ada atau tidak," ujarnya.

"Yang kemudian menjadi pengakuan masyarakat itu kan surat dari Kemenkum HAM. Diresmikan atau tidak oleh negara, itu kan belum jelas. Jadi saya tidak akan bicara partai manapun," sambung Mumtaz.

Mumtaz pun optimistis tak banyak kadernya yang migrasi ke Partai Ummat. Dia yakin banyak kadernya yang sudah nyaman bernaung di PAN.

"Tidak usah dipertahankan, mereka tetap tinggal di PAN. Karena mereka suka, mereka nyaman dan mereka bisa berharap banyak terhadap PAN," cetus Mumtaz Rais.

Sebelumnya diberitakan, Partai Ummat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengklaim banyak kader PAN DIY yang pindah ke Partai Ummat. Jumlah kader yang pindah ke partai berlambang perisai tauhid ini disebut mencapai 60 persen dari total kader PAN di DIY.

"Sebagian besar pindah ke Partai Ummat, lebih dari 60 persen tapi untuk anggota dewannya belum. Sehingga kepengurusan Partai Ummat DIY rata-rata eks pengurus DPW PAN DIY," kata Person in Charge (PIC) Partai Ummat di DIY, Nazaruddin, kepada wartawan di Kantor Partai Ummat DIY, Jalan Ngeksigondo, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Selasa (15/12).

Nazaruddin menambahkan mayoritas kader PAN di DIY bakal pindah ke partai baru besutan Amien Rais itu. Namun, kata Nazaruddin, Amien Rais justru meminta kader PAN, khususnya untuk kader yang duduk di legislatif, agar tidak buru-buru migrasi besar-besaran ke Partai Ummat.

"Karena minta izin (Amien Rais) maka beliau melarang. Jangan, nanti aja. Yang penting bisa komit terhadap perjuangan dan nanti pada saatnya baru bergabung. Biarlah yang di luar dewan ini kita yang merintisnya dulu," ucapnya.

(ams/rih)