Sultan HB X Ajak Warga Yogya Laku Prihatin Sambut Tahun Baru 2021

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 15:16 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (3/11/2020).
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (3/11/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberi imbauan khusus kepada masyarakat jelang Tahun Baru 2021. Sultan mengajak masyarakat untuk melakukan laku prihatin.

"Menyambut datangnya Tahun Baru 2021, saya Hamengku Buwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak kepada seluruh warga DIY untuk melakukan laku prihatin bersama-sama," kata Sultan melalui rekaman suara yang dibagikan oleh Humas Pemda DIY kepada wartawan, Rabu (30/12/2020).

Laku prihatin tersebut, kata Sultan, adalah dengan merayakan malam pergantian tahun di rumah saja. Pasalnya saat ini pandemi virus Corona atau COVID-19 belum berakhir.

"Refleksi di rumah, membatasi mobilitas dan tidak bepergian apabila tidak sangat mendesak," ujarnya.

Selain itu, Raja Keraton Yogyakarta tersebut meminta masyarakat untuk memperhatikan tetangganya yang terdampak COVID-19. Mengingat pandemi ini harus dilawan secara bersama-sama.

"Tetaplah saling ngaruhke (memperhatikan) dan tetulung (saling tolong) antar warga khususnya terhadap mereka yang terdampak COVID-19," ucapnya.

"Mari kita perkuat tepa salira (toleransi) kita seraya memanjatkan doa dan pengharapan agar tahun 2021 menjadi tahun kebangkitan bagi kita bersama. Menuju tatanan masyarakat yang damai dan sejahtera," lanjut Sultan.

(rih/sip)