Hanafi Rais Mundur, Siapa Penggantinya di DPR RI?

ADVERTISEMENT

Hanafi Rais Mundur, Siapa Penggantinya di DPR RI?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 15:10 WIB
Putra Amien Rais, Hanafi Rais hadir diantara massa aksi kawal Amien Rais di Polda Metro Jaya, Jakarta. Hanafi hadir untuk mendampingi pemeriksaan sang ayah.
Hanafi Rais. Foto: Ari Saputra
Yogyakarta -

Kabar mundurnya Hanafi Rais dari kursi DPR RI dan kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) telah terdengar oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun PAN DIY belum bisa mengungkapkan siapa pengganti Hanafi.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, mundurnya Hanafi akan memicu pergantian antarwaktu (PAW). Merujuk sistem PAW yang sama dari DPR RI hingga DPRD kabupaten/kota, KPU menyebut pengganti Hanafi adalah calon yang memiliki perolehan suara terbanyak setelah Hanafi pada Pemilu kemarin.

Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin mengatakan, pihaknya tidak berwenang menentukan siapa pengganti Hanafi Rais di Senayan. Mengingat kewenangan memilih pengganti Hanafi ada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

"Ya itu (pengganti Hanafi Rais di DPR) tanya DPP (PAN), jangan tanya saya, (penentuan PAW) DPR RI kan wewenangnya DPP," ucapnya kepada detikcom, Rabu (6/5/2020).

"Karena saya kan wewenangnya DPRD provinsi, jadi suruh temanmu yang di Jakarta tanya DPP. Karena kalau saya kan tidak punya otoritas untuk omong itu (pengganti Hanafi Rais)," lanjut Nazaruddin.

Jika dilihat dari hasil rekapitulasi Pemilu 2019 KPU di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/dprri/rekapitulasi/, peraih suara terbanyak kedua dari PAN setelah Hanafi Rais diraih Yuni Astuti dengan 7.069 suara. Kemudian peraih suara terbanyak ketiga yakni Ir. Ibnu Mahmud Bilalludin dengan 6.627 suara.

"Ya, Lupa saya. Kayaknya (suara) banyak Yuni," kata Nazar saat dimintai konfirmasi soal dua nama tersebut.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menjelaskan untuk kewenangan PAW anggota DPR RI berada di tangan KPU RI. Namun, Hamdan menyebut untuk mekanisme PAW baik di tingkat DPR RI hingga DPRD kabupaten/kota sama.

Simak juga video Gelar Rakernas Secara Virtual, PAN Raih Rekor Muri:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT