Truk Pasir Dibatasi Beroperasi Selama Nataru di Klaten, Begini Skenarionya

ADVERTISEMENT

Truk Pasir Dibatasi Beroperasi Selama Nataru di Klaten, Begini Skenarionya

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 12:42 WIB
Spanduk sosialisasi pembatasan opersional truk galian C di Klaten, Sabtu (26/12/2020).
Spanduk sosialisasi pembatasan angkutan galian C di Jalan Klaten-Boyolali. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Truk angkutan bahan galian C pasir dan batu dibatasi beroperasi di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah selama libur Natal dan Tahun Baru. Truk akan diparkir di lokasi tertentu jika arus lalu lintas padat.

"Untuk tahun ini bukan pelarangan. Sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan darat hanya dilakukan pembatasan," jelas Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sapto Widi Harsono, di kompleks Pemkab Klaten pada detikcom, Sabtu (26/12/2020).

Menurut Sapto, nantinya ada dua alternatif pembatasan angkutan bahan galian C. Antara truk diminta balik atau dikandangkan di lokasi tertentu.

"Jadi sekiranya angkutan galian golongan C melintas jalan nasional dan lalu lintas padat, truk bisa putar balik. Jika tidak putar balik maka akan dikandangkan di kantong parkir yang sudah disediakan," jelas Sapto.

Sapto mengatakan keputusan pembatasan itu didasarkan pada surat Dirjen Perhubungan Darat nomor AJ.201/3/4/DRJD/ 2020 Perihal Pembatasan tentang Operasional Barang Pada Mudik dan Balik Angkutan Natal Tahun 2020.

"Jadi ada dasarnya yaitu surat dari Dirjen. Kami berharap semua kru angkutan bahan galian C memahami dan sosialisasi sudah kami lakukan," lanjut Sapto.

Pantauan detikcom, dalam rangka pembatasan truk angkutan galian C Dinas memasang beberapa spanduk. Di jalan Klaten-Boyolali spanduk dipasang di simpang empat Ngupit.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugerah Rahman menambahkan hingga saat ini arus kendaraan libur Natal dan tahun baru belum mengalami peningkatan signifikan.

"Sudah ada peningkatan tapi belum signifikan. Peningkatan di jalan nasional Jalan Yogya-Solo baru berkisar lima persen dari hari biasa tapi kami minta masyarakat tetap waspada dan taati aturan lalu lintas," jelas Bobby dihubungi detikcom hari ini.

Menurut Bobby dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, Polres Klaten menyiagakan tiga pos. Pos-pos tersebut ada di perbatasan timur dan barat.

"Kita siapkan tiga pos pengamanan arus mudik dan liburan Natal dan tahun baru. Pos Karang Delanggu, pos alun-alun dan pos Prambanan serta merupakan pos gabungan," tambah Bobby.

Pos-pos tersebut, lanjut Bobby, merupakan pos gabungan dengan instansi terkait lainnya. Di pos itu terdapat personel pengurai jika terjadi kepadatan.

"Kita siapkan personel pengurai. Jadi jika ada kepadatan kendaraan langsung bisa kita tindaklanjuti," papar Bobby.

(sip/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT