Pekalongan Catat Kasus Pertama Perawat Meninggal Gegara Corona

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 15:24 WIB
RSUD Kraton Pekalongan
RSUD Kraton Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Untuk pertama kalinya di Kabupaten Pekalongan, seorang tenaga kesehatan (nakes), meninggal akibat terpapar virus Corona atau COVID-19. Nakes yang meninggal itu, Eko Prasetyo (46), bertugas di RSUD Kraton Pekalongan.

"Mas Eko Prasetyo itu perawat RSUD Kraton tapi ditugaskan ke instalasi central sterile supply departement (CSSD), pemulasaraan jenazah, dan laundry. Almarhum, bekerja di instalasi CSSD sejak tahun 2012," kata Humas RSUD Kraton Pekalongan, Teguh Ikhwan, saat dihubungi wartawan, Jumat (18/12/2020).

Teguh mengatakan Eko meninggal pukul 05.55 WIB tadi. Selain terpapar Corona, Eko juga diketahui punya penyakit bawaan kencing manis.

"Selama satu minggu lebih dirawat. Punya penyakit bawaan atau komorbid, yakni kencing manis. Ini pertama kali perawat RSUD Kraton meninggal dunia dan semoga ini yang terakhir," jelasnya.

Teguh mengungkap nakes RSUD Kraton juga banyak yang terpapar virus Corona. Namun, kasus ini kali ini menjadi nakes pertama yang meninggal dunia positif Corona di Pekalongan.

"Kalau nakes yang terpapar di RSUD Kraton sudah ada yang terpapar. Di antaranya, dokter anak dan beberapa perawat. Kalau yang baru ini, petugas administrasi ada sekitar lima orang yang isolasi mandiri," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setyawan Dwiantoro, mengatakan nakes yang meninggal di RSUD Kraton itu bukan dari klaster rumah sakit. Dia mengaku prihatin dan kehilangan atas meninggalnya nakes tersebut.

"Perawat yang meninggal dunia itu tertular dari keluarga, bukan dari rumah sakit. Perawat tersebut juga mempunyai komorbid. Saya turut prihatin atas meninggalnya rekan kita itu, semoga husnul khatimah. Semoga tenaga medis yang lain mendapat perlindungan dan kami doakan nakes yang sedang dirawat juga cepat sembuh," jelas Setyawan.

Sementara itu, dilansir dari halaman https://corona.pekalongankab.go.id/ terakhir di-update pada Kamis (17/12), pukul 21.08 WIB total kasus terkonfirmasi mencapai 1.149 kasus. Dari angka itu, 52 orang meninggal dunia, 809 sembuh, 229 orang menjalani isolasi mandiri, dan 59 orang masih dirawat.

(ams/sip)