So Sweet! Mahasiswa Ini Dibonceng Bapak Naik Ontel Saat Wisuda Drive Thru

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 16:55 WIB
Bapak antar anak wisuda drive thru naik sepeda ontel di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (15/12/2020).
Bapak antar anak wisuda drive thru naik sepeda ontel di IAIN Pekalongan, Selasa (15/12/2020). (Foto: Dok. Koordinator Sie Humas dan Pubdekdok Wisuda Drive Thru IAIN Pekalongan)
Kabupaten Pekalongan -

Ada pemandangan yang menarik perhatian saat Wisuda Magister ke-12, Sarjana ke-40 dan Diploma Tiga ke-26 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (15/12) kemarin. Saat wisuda berkonsep drive thru tersebut, tampak dua pria masuk lokasi wisuda dengan berboncengan naik sepeda ontel.

Terlihat pria berbaju batik mengayuh sepeda dan memboncengkan pemuda yang berpakaian toga. Ternyata pria berbatik itu adalah seorang ayah yang mengantarkan anaknya untuk mengikuti wisuda drive thru IAIN Pekalongan.

Koordinator Sie Humas dan Pubdekdok Wisuda Drive Thru IAIN Pekalongan, Ahmad Rosyid, membenarkan momen ayah mengantarkan anaknya wisuda dengan naik sepeda tersebut.

"Kemarin wisudawan atas nama Syifa' Ma'ruf (32) diantar ayahnya yakni Bapak Sobirin mengikuti wisuda drive thru, dengan sepedanya," kata Ahmad saat dihubungi detikcom, Rabu (16/12/2020).

Ahmad menjelaskan, Syifa' Ma'ruf merupakan mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Pekalongan. Syifa' Ma'ruf merupakan mahasiswa angkatan 2016 dan lulus Oktober 2020 dengan IPK 3,38. Dia mengambil skripsi dengan judul Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an di Kelas Tahfidz SMP Muhammadiyah Pekajangan, Pekalongan.

"Syifa' Ma'ruf ini telah dinyatakan lulus pada tanggal 21 Oktober 2020, dan mengikuti wisuda kemarin (Selasa)," ujarnya.

Bapak antar anak wisuda drive thru naik sepeda ontel di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (15/12/2020).Bapak antar anak wisuda drive thru naik sepeda ontel di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (15/12/2020). Foto: Dok. Koordinator Sie Humas dan Pubdekdok Wisuda Drive Thru IAIN Pekalongan.

Menurut Ahmad, wisuda drive thru ini digelar selama dua hari yakni 15-16 Desember 2020. Para peserta ada yang mengendarai kendaraan bermotor dan sepeda.

"Sebetulnya, selain mobil, sepeda motor, ada beberapa yang menggunakan sepeda. Jadi tidak satu itu. Hari ini saja ada juga," ujar Ahmad.

Ahmad melanjutkan kegiatan wisuda IAIN Pekalongan di masa pandemi virus Corona atau COVID-19 dilakukan dengan metode blended, yakni kombinasi antara offline dan online. Metode blended ini merupakan bentuk langkah antisipatif dalam mencegah penyebaran Corona. Dalam metode offline, prosesi wisuda hanya melibatkan para wisudawan terbaik sebagai perwakilan dari masing-masing jurusan.

Sementara dalam metode online, prosesi wisuda dilakukan melalui streaming YouTube. Dalam metode online ini, pemindahan koncer atau tali toga dan penyerahan ijazah para wisudawan dilakukan dengan cara mengendarai mobil atau motor (drive thru).

(rih/ams)