Kaleidoskop 2020

Tentang Mbah Minto Artis Dagelan yang Lagi Naik Daun dari Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 13 Des 2020 09:02 WIB
Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak
Foto: Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak (tangkapan layar IG ucup_jbsklaten)
Klaten -

Di tengah pandemi Corona atau COVID-19, sosok Minto Siyem atau lebih dikenal Mbah Minto (70) jadi sorotan lewat dagelan Gagal Mudik. Dari artis dagelan di YouTube, Mbah Minto kini moncer menjadi bintang iklan.

Video dagelan itu digarap bersama tetangganya, Muhammad Sofyan alias Ucup (30), dan ditayangkan di akun YouTube maupun Instagram. Karir nenek yang tinggal di Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten itu mulai bersinar saat dagelan gagal mudik gara-gara pandemi virus Corona itu ditonton jutaan orang pada awal Mei 2020 lalu.

Lewat video itu, Ucup yang berperan sebagai anak Mbah Minto mengungkapkan keinginannya untuk mudik karena Lebaran. Namun, Mbah Minto melarang anaknya pulang ketimbang membawa virus Corona. Percakapan ini digambarkan lewat video call dengan anaknya yang berada di perantauan.

"Koe mulih malah nggowo virus, ra mesakake simbokmu iki? Rasah mulih le sik penting duite mulih (Kamu pulang malah membawa virus, tidak kasihan sama ibumu ini? Nggak usah pulang yang penting uangnya pulang)," kata Mbah Minto dalam salah satu cuplikan parodinya, seperti dikutip detikcom, Sabtu (2/5/2020).

Mbah Minto digambarkan sedang menanak nasi menggunakan anglo dan kayu bakar di belakang rumahnya. Namun, Mbah Minto justru terlihat fasih menggunakan ponsel pintarnya.

Video dagelan Gagal Mudik ini pun menuai apresiasi karena dikeluarkan bertepatan dengan momen jelang Lebaran. Salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengajak Mbah Minto dan Ucup live di Instagram. Usai berbincang dengan Ganjar, Mbah Minto pun mendapat THR Rp 1 juga. Mbah Minto pun mengaku senang videonya bisa menghibur banyak orang.

"Nggih remen saget damel tiyang sanes bingah (Ya senang bisa membuat orang lain senang)," ungkap Mbah Minto pada detikcom saat dijumpai di rumahnya, Sabtu (2/5).

Saat dikunjungi detikcom di rumahnya, tempat bernaung Mbah Minto tampak sederhana. Rumah mungil itu berbahan batako tanpa plester, dan tak ada perabotan di rumah Mbah Minto.

Nenek empat anak itu tinggal seorang diri di rumahnya. Keponakan Mbah Minto, Paimin menyebut empat anak Mbah Minto pergi merantau ke Jakarta, Gunungkidul, Purworejo, dan Banjarnegara.

"Anaknya sudah berkeluarga semua. Kesehariann Mbah Minto ya kadang diminta ngeroki (kerokan) dan diberi upah" kata Paimin.

Mbah Minto, nenek yang viral gegara dagelan Gagal MudikMbah Minto, nenek yang viral gegara dagelan Gagal Mudik Foto: Mbah Minto, nenek yang viral gegara dagelan Gagal Mudik (Achmad Syauqi/detikcom)

Paimin pun juga mengaku kaget saat buliknya itu viral dan menjadi terkenal. Dia juga tak menyangka video Mbah Minto juga ditayangkan di televisi.

"Saya tahu dari tetangga bilang Mbah Minto viral. Ternyata benar-benar masuk di tv beberapa kali," jelas Paimin.