Teguh Prakosa Pasangan Gibran di Pilkada Resmi Mundur dari DPRD Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 19:13 WIB
Gibran Rakabuming dan Teguh kompak berkemeja menunggangi banteng
Foto: Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Calon Wakil Wali Kota Solo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, Teguh Prakosa, resmi mundur dari DPRD Solo. Dia telah digantikan oleh rekannya sesama kader PDIP, Ety Iswara.

Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Solo 2019-2024 dilakukan saat sidang paripurna di Gedung DPRD Solo, hari ini. Dipilihnya Ety berdasarkan urutan hasil Pileg DPRD Solo Dapil Pasar Kliwon-Serengan.

"Dengan PAW ini, secara resmi Pak Teguh digantikan Bu Ety Iswara dari Dapil Pasar Kliwon-Serengan pada Pileg 2019 lalu," kata Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, Jumat (11/12/2020).

Teguh sebenarnya sudah mengajukan pengunduran diri pada 23 September lalu. Saat itu Gibran-Teguh sudah ditetapkan sebagai paslon Pilkada Solo 2020.

"SK mundur dari Pemprov Jawa Tengah sudah turun pada 21 Oktober 2020. Lalu proses PAW selesai pada akhir November. Tapi baru hari ini bisa dilaksanakan karena kemarin banyak kegiatan Pilkada," ujar dia.

Sementara itu, Teguh Prakosa mengucapkan selamat kepada Ety, sekaligus berpesan agar menjaga komitmen partai untuk mendengar suara rakyat. Sebagai anggota DPRD, kata Teguh, harus memahami tugas pokoknya.

"Kalau tugas pokok dan fungsinya bisa berjalan seperti seharusnya, saya kira lima tahun tidak akan terasa lama. Kita semua berkomitmen mendengarkan masukan masyarakat," ujarnya.

Saat ini Teguh tengah menanti hasil akhir rekapitulasi yang dilakukan KPU Solo. Namun dari penghitungan final DPC PDIP, Gibran-Teguh mendapatkan 225.326 suara atau 86,13 persen. Sementara lawannya, paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendapat 36.298 suara atau 13,87 persen.

(rih/ams)