Ternyata Ini Dia Jenis Buaya yang Ditemukan di Waduk Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:44 WIB
Buaya yang ditemukan nelayan di waduk PLTA Mrica, Banjarnegara, Jumat (11/12/2020).
Buaya yang ditemukan nelayan di waduk PLTA Mrica, Banjarnegara, Jumat (11/12/2020). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Seekor buaya ukuran satu meter ditemukan nelayan di waduk PLTA Mrica, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Buaya itu diketahui jenis muara dan kini sudah dievakuasi di Kebun Binatang Serulingmas, Banjarnegara.

Dokter hewan Kebun Binatang Serulingmas, drh Winanda Risdayanto, menyebut buaya tersebut memiliki panjang satu meter dan berat delapan kilogram. Sedangkan untuk jenisnya merupakan buaya muara yang beberapa ditemukan di sungai.

"Untuk usianya sekitar dua tahun jika dilihat dari kondisi fisik terutama di pangkal ekor. Sedangkan panjangnya sekitar 1 meter dan berat 8 kilogram. Kalau jenisnya itu merupakan buaya muara," kata Winanda saat ditemui wartawan di Kebun Binatang Serulingmas, Jumat (11/12/2020).

Dengan ditangkap dan diserahkannya buaya muara ini, pihaknya mengucapkan terima kasih. Pasalnya, adanya buaya di waduk akan membahayakan para nelayan yang tengah mencari ikan di lokasi tersebut.

"Kalau berbicara bahaya, tentu bahaya. Makanya saya mengucapkan terima kasih kepada warga yang menangkap. Meski takut, tetapi akhirnya memberanikan diri agar tidak mengancam nelayan yang lain," kata dia.

Kepada nelayan, ia mengingatkan agar segera melempar jaring saat melihat buaya di waduk atau sungai. Dengan melakukan ini, buaya akan sulit untuk bergerak. Mengingat gerak buaya pada saat di air lebih agresif disbanding di darat.

"Untuk para nelayan, kalau melihat ada buaya langsung dilempar jala atau jaring. Ini untuk mengurangi gerak dari buaya. Tetapi itu jika berani dan buaya ukuran kecil. Jika buaya besar sebaiknya melaporkan saja ke pihak terkait," imbaunya.

Diberitakan sebelumnya, seekor buaya ditemukan nelayan di waduk PLTA Mrica, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Meski sempat membuat takut para nelayan, akhirnya buaya ini berhasil ditangkap.

Selanjutnya, cerita nelayan yang menemukan buaya tersebut...